Apa yang Sebaiknya Dilakukan Seseorang saat Berbuat Kesalahan?
Ilustrasi (Alleksana/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Di dunia ini, tak ada manusia yang luput dari kesalahan. Saat seseorang berbuat salah, baik yang disengaja maupun tidak, tentu saja akan memiliki dampak terhadap hubungannya dengan orang lain. Pun hal ini bisa berdampak pada keterpurukan diri sendiri. 

Ada pada situasi membingungkan sering menyebabkan kemampuan seseorang terganggu sehingga sulit baginya untuk melanjutkan aktivitas. Dilansir dari zenhabits, Senin, 22 Februari, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan jika sudah terlanjur berbuat salah.

Memahami kejadian yang menimbulkan kesalahan

Daripada hanyut dalam rasa kecewa setelah berbuat kesalahan, alangkah baiknya Anda coba pahami apa yang sebenarnya terjadi. Coba pikir kembali kejadian sebelum kesalahan dibuat dan ingat apa saja yang sudah Anda perbuat saat itu. Ingat kembali tiap langkah atau kejadian yang Anda lakukan, lalu temukan titik di mana awal kesalahan tersebut bermula.

Jika sudah tahu di mana letak kesalahan tersebut, maka Anda akan mudah menemukan akar permasalahannya dan tersadar kalau itu terjadi bisa karena hal teknis atau sesuatu yang disepelekan.

Mencari Solusi

Setelah mengetahui akar permasalahan yang terjadi, kini saatnya Anda mencari solusi terbaik untuk memperbaiki keadaan tersebut. Jangan pernah lari dari tanggung jawab dan bertindak seolah-olah Anda tidak melakukan kesalahan apapun. 

Selain itu, cobalah menceritakan kesalahan yang diperbuat pada orang terdekat. Dengan berbagi cerita, Anda bisa meringankan beban diri dan bisa saja orang tersebut dapat memberikan solusi terbaik untuk memperbaiki kesalahan Anda.

Meminta maaf 

Ego sering kali membuat seseorang jadi enggan mengucapkan kata maaf. Padahal, permintaan maaf merupakan satu hal wajib dilakukan saat Anda berbuat salah. Menurut pandangan agama, ada empat amalan yang harus dilakukan sebelum tidur dan salah satunya yaitu minta maaf. 

Berani mengakui dan menerima akibat dari kesalahan yang diperbuat memerlukan keikhlasan yang besar. Dengan mengakui kesalahan, Anda bisa berempati pada orang yang dikecewakan dan menunjukkan bagaimana Anda memahami perasaan orang lain.

Meminta maaf secara langsung dengan tulus dan disertai dengan penjelasan yang tepat dapat membantu Anda bangkit dari kekecewaan.

Memperbaiki diri untuk tidak mengulangi kesalahan

Setelah mengetahui penyebab serta mencari solusi dari kesalahan, dan meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat, selanjutnya Anda harus melakukan perubahan dalam diri untuk tidak lagi membuat kesalahan yang sama terjadi di masa depan. Alangkah baiknya hal ini dibarengi dengan komitmen kuat agar Anda tidak mudah menyalahi perjanjian dengan diri sendiri. Berubahlah menjadi lebih baik karena kemauan diri sendiri dan bukan karena tekanan dari orang sekitar.