Studi Baru, Musik Dapat Tingkatkan Daya Ingat dan Bantu Tidur Nyenyak
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Para ilmuwan menemukan hubungan baru yang menunjukkan bagaimana musik memengaruhi manusia dalam hal tubuh, pikiran, dan perilaku.

Sebuah studi menggabungkan kinerja Dr David Lewis dari Mindlab International dengan hasil survei dari 3.000 responden di Inggris, Jerman, dan Hongaria.

Penelitian difokuskan pada 10 reaksi berbeda terhadap musik, termasuk peningkatan fungsi memori, perasaan bahagia, dan kekuatan untuk memperlambat atau mempercepat detak jantung seseorang.

Hasilnya menunjukkan, enam dari 10 responden di seluruh Eropa melaporkan merasa lebih rendah dari sebelumnya selama pandemi global.

Namun meskipun demikian, 72 persen mengatakan lagu telah membantu mereka melewati masa-masa sulit dalam hidup mereka.

Berdasarkan penelitian dari Dr David Lewis, Sony, telah menciptakan dua representasi visual baru tentang bagaimana musik yang kuat dapat memengaruhi kita secara fisik dan emosional.

Visual tersebut menggambarkan cara musik tempo tinggi dan rendah, ditambah dengan suara omnidirectional dan fitur pencahayaan, mempengaruhi tubuh kita dan objek di sekitar kita.

Claire Poux, kepala kategori pemasaran, V&S di Sony UK & Ireland, mengatakan: "Kita semua dapat mengingat kembali momen dalam hidup kita di mana musik telah memainkan peran yang tidak terpisahkan.

"Dari lagu anak-anak saat anak-anak hingga lagu dansa hari pernikahan kita; itu membangkitkan perasaan dan kenangan, membawa kita dalam perjalanan.

"2020 telah menjadi tahun yang berat bagi kita semua, kami ingin membuat laporan dan video ini untuk menunjukkan betapa kuatnya musik, menginspirasi lebih banyak orang untuk menggunakannya sebagai alat untuk kepositifan dalam hidup mereka."

Menurut data, musik juga dapat membantu ketika mencoba untuk tertidur di malam hari - dengan Four Seasons yang ditulis oleh Vivaldi dianggap sangat efektif.

Sepuluh cara musik memengaruhi manusia menurut Dr David Lewis:

1. Air mata

2. Tingkatkan fungsi memori

3. Kebahagiaan

4. Perlambat, rileks, atau percepat detak jantung

5. Memengaruhi tindakan kita

6. Ciptakan pertemanan dan hubungan, bahkan bentuk identitas seseorang

7. Buat efek 'menyembuhkan'

8. Membantu menginduksi tidur

9. Menyebabkan tulang belakang Anda kesemutan dan membuat rambut berdiri tegak

10. Pelebaran pupil dan memicu fight or flight.

Fight or flight sendiri merupakan reaksi fisiologis yang terjadi sebagai respons terhadap peristiwa, serangan, atau ancaman yang dianggap berbahaya bagi kelangsungan hidup. Ini pertama kali dijelaskan oleh Walter Bradford Cannon.

Lagu bahkan dapat memicu reaksi fight or flight, seperti ketika musik yang tepat dimainkan, detak jantung meningkat, pupil membesar, dan darah dialihkan ke kaki saat bagian otak yang dikenal sebagai otak kecil diaktifkan.

Ketika manusia mendengarkan musik yang memberi energi tetapi tidak dalam posisi untuk fight or flight, intensitas perasaan yang dihasilkan ditafsirkan oleh tubuh sebagai yang disebabkan oleh kegembiraan dan kesenangan.

Orang Inggris rata-rata mendengarkan lebih dari 285 jam musik setahun - setara dengan 12 hari penuh - tetapi delapan dari 10 masih berharap mereka mendengarkan lebih banyak, karena mengetahui manfaat yang dapat dihasilkannya.

Kedua video dirancang untuk ditonton secara berurutan, menunjukkan bagaimana tubuh bereaksi terhadap musik dengan ilmu simatik yang mendemonstrasikan bagaimana gelombang suara omni-directional memengaruhi cat, pasir, dan cairan terhadap ketukan dengan cara yang tidak menentu namun memukau.

Pertama, tonton Tails dari Jack Chown dari The Music Lab dirancang untuk membangkitkan perasaan melankolis. Sementara Gutenmorgen, dari artis yang sama, dirancang untuk memberi energi kembali dan membangkitkan kebahagiaan dengan tempo yang lebih tinggi.

Dr David Lewis dari Mindlab International menambahkan: "Musik sedih dapat membantu kita melewati masa-masa sulit.

"Respons emosional yang paling kuat, apakah kebahagiaan atau kesedihan, ditemukan terjadi ketika satu nada kontras secara emosional dengan yang terdengar sebelumnya.

"Lain kali Anda ingin diangkat dan diberi energi kembali oleh musik, buat sandwich musikal.

"Putar lagu yang membuat Anda sedih sebelum lagu yang membuat Anda ceria, positif, dan optimistis - dengan begitu, kekuatan lagu yang membangkitkan semangat akan terbukti lebih berdampak."