JAKARTA - Sejumlah pabrikan otomotif dari China berusaha untuk menguasai berbagai segmen salah satunya dengan melirik pasar pikap.

Diketahui pasar pikap dunia dikuasai sejumlah raksasa Jepang dan Amerika Serikat seperti Toyota, Mitsubishi, dan Ford. Kini, beberapa perusahaan sedang mempersiapkan pikapnya sendiri seperti BYD dengan Shark yang akan segera diluncurkan, serta kendaraan dari merek Futon dengan Tunland, JMC dengan Grand Avenue, dan GWM yang memiliki Canon.

Melihat fenomena ini, perusahaan dari negeri Tirai Bambu lainnya seperti Chery berniat untuk merambah ke pasar ini. Terlebih, merek berbasis di Wuhu, China ini belum memiliki mobil pikap yang tangguh.

Dilaporkan Motor1 Brasil yang dikutip Top Gear Philippines, Senin, 6 Mei, Chery akan segera menghadirkan pesaing dari Toyota Hilux, namun belum bisa dipastikan tanggal peluncurannya.

Namun rumor beredar menyebutkan, bahwa pikap perdana tersebut akan tiba di pasaran di kisaran tahun 2025 mendatang. Tidak hanya itu, pabrikan akan membangun mobil ini dengan sasis rangka yang tangguh seperti yang ada pada Toyota Hilux dan Ford Ranger.

Jantung pacu masih menjadi sebuah misteri. Namun, diperkirakan Chery akan menghadirkannya dengan pilihan diesel yang terkenal akan durabilitasnya dalam menjajal berbagai medan. Namun, ada kemungkinan juga pikap ini hanya hadir pada varian bensin turbo atau listrik mengikuti permintaan pasar China.

Disamping itu, merek juga mengonfirmasi pembuatan platform terbaru khusus pikap ini. Meskipun informasi ini masih terbatas, diharapkan Chery akan melakukan pendekatan yang sama seperti yang dilakukan Toyota pada Hilux dan Fortuner dengan mengusung platform serupa.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)