Bos Apple Bertemu Jokowi Besok, Menperin Agus Harap Adanya Investasi
CEO Apple, Tim Cook. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita merespons rencana kedatangan CEO Apple, Tim Cook ke Indonesia.

Sekadar informasi, Tim Cook dijadwalkan datang ke Indonesia pada Rabu besok, 17 April 2024.

Saat ditanya soal kemungkinan pengembangan investasi Apple di Indonesia, Agus berharap hal itu bisa terwujud. Apalagi, dia menyebut Indonesia sudah melakukan pembicaraan dengan Apple terkait regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebelumnya.

"Ya, mudah-mudahan (investasi). Kalau sama Apple, kan, kami sudah bicara, sudah cukup lama kami bicara," kata Agus di kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa, 16 April.

Agus menilai, Apple berkomitmen untuk memenuhi persyaratan TKDN. Selain itu, Apple juga sudah mendirikan infrastruktur pendidikan di Indonesia, yaitu Apple Academy.

Menurut dia, raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu sudah mendirikan tiga Apple Academy untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia (SDM).

"Mereka sudah mau membentuk empat Apple Academy yang menurut pandangan saya outputnya cukup baik menghasilkan SDM brainware, menghasilkan inovasi-inovasi untuk aplikasi. Yang kemudian bisa digunakan di perusahan-perusahaan lain," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengungkapkan bahwa CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Apple Tim Cook akan datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nezar mengatakan, kedua CEO dari raksasa teknologi dunia itu memiliki rencana untuk berinvestasi di Indonesia.

"Jadi, ada dua CEO yang mau berkunjung ke Indonesia. CEO Apple dengan Microsoft. Keduanya sudah bersurat dan mereka punya niat untuk melakukan investasi di Indonesia juga," ungkap Nezar di Kantor Kominfo, Jakarta, Jumat 22 Maret.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)