Ustaz Yusuf Mansur Berkunjung ke Perusahaan Tambang Emas Konglomerat Peter Sondakh: Investasi di Sini Jangan Sepukul Dua Pukul
Ustaz Yusuf Mansur. (Foto: Instagram @yusufmansurnew)

Bagikan:

JAKARTA - Ustaz Yusuf Mansur dalam setahunan belakangan ini gemar merekomendasikan beberapa saham perusahaan di mana dirinya berinvestasi. Kali ini, Yusuf Mansur dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, terlihat berkunjung ke perusahaan tambang emas milik konglomerat Peter Sondakh, PT Archi Indonesia Tbk (ARCI).

"ini salah 1 pit nya tambang emas arci... serius banget ini perusahaan. seneng. perusahaan indonesia. emasnya emas merah putih jadinya...," tulis Yusuf Mansur dalam caption, dikutip Rabu 27 Oktober.

Yusuf Mansur pun menuliskan bahwa bagi siapa saja yang ingin berinvestasi di saham ARCI, jangan setengah-setengah. Pasalnya, menurut dia, Archi Indonesia mempunyai sumbangsih yang besar kepada negara.

"ikut2 invest di perusahaan model arci gini, jangan sepukul dua pukul. invest lah sifatnya. dukung pembangunan negara juga, dan daerah. dari arci, di 3th trakhir ini aja, sumbangsihnya 12T... krg lbhnya. ini trdiri dari royalti, pbb, pajak2... dan sekalian jadi afirmasi... bs bnr2 kerja profesional di dunia tambang... atau sekalian jd pengusahanya... jd kontraktornya... jd pemegang saham terbesarnya... sholluu 'alannabiyy Muhammad," kata Yusuf Mansur.

Pantauan VOI, pada hari ini pukul 13.55, harga saham ARCI berada di kevel Rp650, menguat 4 persen dibanding penutupan kemarin.

Sebagai informasi, Archi Indonesia Tbk membukukan pertumbuhan kinerja pada enam bulan pertama di tahun ini. Pendapatan dan laba perusahaan melesat di semester I 2021.

Pendapatan konsolidasian ARCI naik 9 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy) dari 130,1 juta dolar AS di semester I 2020 menjadi 142,4 juta dolar AS di semester I 2021 atau sekitar Rp2,06 triliun (kurs Rp14.500 per dolar AS).

Sejalan dengan itu, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi atau earnings before interest, tax, depreciation and amortization (EBITDA) meningkat 5 persen yoy menjadi 75,5 juta dolar AS. Adapun laba bersih Archi Indonesia meningkat 24 persen yoy menjadi 32,6 juta dolar AS dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama PT Archi Indonesia Tbk Kenneth Ronald Kennedy Crichton mengatakan, kinerja keuangan pemilik merek emas Lotus Archi ini di semester pertama didorong oleh harga emas yang lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Kami dalam periode ini menyelesaikan pengembangan aktivitas penambangan dan pengupasan tanah (waste removal) tahap lanjut dari Pit Araren yang memiliki kadar emas lebih tinggi, di mana kami telah berhasil melakukan transisi dari tahap 3 ke tahap 5," ujar Kenneth dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu 1 Agustus.

Sepanjang Januari-Juni 2021, rata-rata kadar bijih emas yang diproses dalam proses produksi emas ARCI lebih menyusut dari 1,81 g/t menjadi 1,66 g/t. Akibatnya, produksi emas ARCI turun 6 persen menjadi 81,6 kilo ons di semester I 2021. Sebelumnya, realisasi produksi emas ARCI mencapai 86,4 kilo ons pada periode yang sama tahun lalu.

Namun, ARCI diuntungkan oleh harga rata-rata penjualan emas mencapai 1.802 dolar AS per ons di semester i 2021. Angka tersebut naik sekitar 9 persen dibanding harga rata-rata emas periode sama tahun lalu yang sebesar 1.656 dolar AS per ons.

Pihak Archi Indonesia berharap, produksi emas perusahaan di semester kedua tahun ini bisa mencapai 138 kilo ons - 148 kilo ons, lebih besar dibanding produksi emas semester 2 tahun lalu yang sebesar 120 kilo ons.

Dengan demikian, kata Kenneth, total produksi emas ARCI untuk tahun penuh 2021 akan mencapai 220 kilo ons - 230 kilo ons, atau tumbuh 5 - 10 persen dibanding realisasi produksi tahun lalu.