Siapa Gandi Sulistiyanto, Anak Buah Bos Sinar Mas Konglomerat Eka Tjipta Widjaja yang Diangkat Jokowi jadi Dubes Korea Selatan
Gandi Sulistiyanto. (Foto: Wikipedia)

Bagikan:

JAKARTA - Managing Director Sinar Mas Group, Gandi Sulistiyanto pamit dari perusahaan yang membesarkan namanya tersebut. Pasalnya, Gandi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan dalam waktu dekat ini. Lantas siapakah sosok pria yang sudah sekitar 30 tahun berkarier di perusahaan milik mendiang konglomerat Eka Tjipta Widjaja tersebut?

Gandi yang akrab disapa Sulis ini telah mengikuti rangkaian prosedur di DPR untuk menjadi duta besar negeri K-Pop itu. Dirinya berpamitan saat menjadi pembicara di acara Hari Ulang Tahun ke-83 Sinar Mas Group, Rabu 6 Oktober, dan memohon restu kepada jajaran direksi dan karyawan perusahaan yang telah bekerja sama selama 30 tahun terakhir.

"Saya sekaligus ingin berpamitan. Saya telah berkarya di Sinar Mas selama 30 tahun dari usia Sinar Mas yang sekarang 83. Saya mohon izin pamit dan mohon doa restu sekaligus untuk yang belum mengenal saya," kata Sulis dalam sambutannya di Forum Dialog HUT 83 Sinar Mas: Economic Outlook 2022.

Dalam paparannya, Sulis bercerita bahwa dirinya sudah berkarier di Sinar Mas sejak tahun 1992. Sinar Mas menurutnya sudah menjadi keluarga.

Suka duka, dia alami bersama Sinar Mas. Gandi, adalah satu dari karyawan Sinar Mas Group yang telah mencapai 400 ribu orang.

"Saya sudah jadi keluarga besar Sinar Mas sejak 1992, banyak suka-duka, tapi lebih banyak sukanya dengan keluarga besar Sinar Mas," kata Gandi.

Selama 30 tahun bersama Sinar Mas, Gandi banyak membuat program CSR perusahaan, mulai dari bazar minyak goreng hasil produksi Sinar Mas, mencetak Al-Quran dengan menggunakan kertas hasil produksi Sinar Mas untuk dibagikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, mendirikan Yayasan Buddha Tzu Chi cabang Sinar Mas, dan menggalang dana bertajuk Pengusaha Peduli NKRI.

"Pengusaha Peduli NKRI yang dikoordinir ini telah mengumpulkan dana bantuan hingga Rp1,25 triliun dan ini akan terus bertambah," kata dia.

Gandi pun mengucapkan terima kasih dan mengaku bangga pernah menjadi bagian dari Sinar Mas. Gandi juga mengakui ditunjuknya dia menjadi duta besar berkat kiprahnya di Sinar Mas selama 30 tahun.

"Terima kasih atas kesempatan dan hormat saya untuk jajaran Sinar Mas," kata dia.