Konglomerat Hartono Bersaudara Sumbang 1.000 Konsentrator Oksigen Bantu Pemerintah Tangani COVID-19
Ilustrasi/antara

Bagikan:

JAKARTA - Djarum Group melalui Djarum Foundation menyerahkan 1.000 konsentrator oksigen kepada pemerintah dalam rangka mendukung penanganan pandemi COVID-19.

Vice Director Djarum Foundation Achmad Budiharto mengatakan apa yang di lakukan ini adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan guna mengatasi persoalan yang terjadi.

“Kami berharap, donasi konsentrator oksigen ini dapat mengantisipasi bila lonjakan pasien COVID-19 terjadi kembali. Tapi tentunya mari sama-sama kita berdoa semoga lonjakan kasus tidak terjadi lagi dan Indonesia segera keluar dari pandemi,” ujarnya dalam keterangan resmi seperti yang dikutip pada Sabtu, 11 September.

Menurut Achmad, konsentrator oksigen dapat menjadi alternatif terapi oksigen yang digunakan masyarakat. Alat ini menjadi populer karena mudah dibawa, memiliki bobot yang lebih ringan dan tidak perlu melakukan isi ulang oksigen seperti layaknya tabung oksigen konvensional.

“Selain untuk pasien COVID-19, konsentrator oksigen dapat digunakan bagi pasien lain yang menderita penyakit di bagian penapasan dan penurunan saturasi oksigen di dalam darah,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika selaku perwakilan pemerintah menyebut jika pihaknya mendukung berbagai program dan kegiatan yang dilakukan oleh sektor industri untuk turut berperan dalam menangani dampak pandemi.

“Ini merupakan langkah yang positif dan suatu bentuk kepedulian sosial dari pelaku industri terhadap kesehatan masyarakat sekaligus mempercepat penanganan pandemi COVID-19," katanya.

Putu menambahkan, donasi konsentrator oksigen dari Djarum Foundation ini merupakan wujud nyata kerja sama yang baik antara pemerintah dan sektor industri.

"Kepedulian ini memberikan makna bahwa industri dalam negeri tidak hanya sebagai penggerak roda perekonomian, tetapi juga berbagi beban di kala negara sedang dalam kondisi sulit,” imbuhnya.

Selama pandemi, Kemenperin bertekad untuk menjaga aktivitas sektor industri terus berjalan karena untuk memenuhi kebutuhan konsumen domestik dan pasar ekspor.

"Melalui sektor industri tetap beroperasi, turut menjaga investasi dan serapan tenaga kerja yang ada, yang tentunya memacu pertumbuhan ekonomi,” jelas Putu.

Sebagai informasi, Djarum Foundation merupakan lembaga yang terafiliasi dengan perusahaan milik konglomerat Hartono Bersaudara, yakni Djarum Group. Lembaga ini disebutkan memberikan perlengkapan kesehatan berupa masker, goggle, faceshield, dental protective face, baju coverall hingga suplemen dan multivitamin kepada tenaga kesehatan.