Kabar Baik untuk Mahasiswa! Sri Mulyani Buka Kesempatan Magang di Kementerian Keuangan
Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi (Foto: Tangkap layar Youtube Kementerian Keuangan)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) disebutkan membuka kesempatan bagi para mahasiswa tingkat akhir yang ingin mendapatkan pengalaman kerja melalui jalur magang.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi mengatakan langkah ini merupakan strategi dalam meningkatkan transparansi sekaligus akuntabilitas di lingkungan Kementerian Keuangan.

“Penyediaan kesempatan magang langsung diatur melalui Surat Edaran (SE) Menteri Keuangan Nomor 46 Tahun 2020 tentang Mekanisme Pelaksanaan Magang Mahasiswa/Mahasiswi di Lingkungan Kementerian Keuangan,” ujarnya dalam sebuah webinar Merdeka Belajar - Kampus Merdeka pada Jumat, 3 September.

Menurut Heru, program tersebut mendapat respons yang cukup baik dari kalangan civitas akademika. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengikuti agenda magang dengan jumlah mencapai ribuan orang.

“Alhamdulillah, antusias dari kalangan kampus sangat baik. Kami berikan laporan bahwa dari Januari sampai dengan Agustus tahun ini sudah ada 1.623 mahasiswa yang magang di Kemenkeu. Jumlah ini terdiri 934 orang dari 65 perguruan tinggi negeri, sementara 684 orang lainnya berasal dari 119 perguruan tinggi swasta. Bahkan, ada 5 mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar negeri,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Heru juga mengesahkan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk program magang antara Kementerian Keuangan dengan tiga perguruan tinggi di Tanah Air, yakni Universitas Padjadjaran, Universitas Jember, dan UPN Veteran Jakarta.

“Mudah-mudahan langkah ini bisa memberikan kemajuan bagi Indonesia, khususnya dalam menciptakan generasi muda yang unggul,” tegasnya.

Sebagai informasi, program magang di lingkungan kementerian pimpinan Sri Mulyani itu masih dilakukan secara online guna menghindari kontak fisik sebagai cara menekan risiko penyebaran pandemi COVID-19.

Adapun, beberapa jurusan yang bisa diterima untuk magang di Kemenkeu antara lain akuntansi, hukum, hubungan internasional, ekonomi pembangunan, teknik informasi, dan administrasi publik publik. Sementara penempatan disesuaikan dengan kebutuhan di unit eselon 1 Kementerian Keuangan.

Bagaimana, tertarik untuk menimba ilmu di kantor bendahara negara? Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan mengakses laman www.sdm.kemenkeu.go.id.