Wamenkeu Suahasil Berikan Pembekalan Kepemimpinan Kepada Mahasiswa STAN
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara (Foto: Tangkap layar Youtube PKN STAN)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara berkesempatan menjadi pembicara kunci dalam kuliah umum bagi para mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang dilakukan hari ini. Pada kegiatan tersebut, Suahasil menekankan pentingnya jika kepemimpinan dalam setiap insan STAN.

Menurut dia, Kementerian Keuangan mempunyai lima rumus kepemimpinan, yaitu sinergi, integritas, profesionalisme, pelayanan, dan kesempurnaan.

“Anda tidak usah jauh-jauh, mau buka buku teori boleh, buka buku teks boleh. Anda mau buka pendapat orang lain boleh, tapi kepemimpinan di Kementerian Keuangan itu pilarnya adalah Nilai-nilai Kementerian Keuangan,” ujarnya pada Senin, 25 Juli.

Suahasil menambahkan, bahwa Kemenkeu memiliki tugas sebagai pengelola keuangan negara. Pengelolaan keuangan negara memiliki dimensi yang sangat luas dan kompleks. Maka dari itu, sinergi merupakan hal yang perlu dibangun dalam kompleksitas tersebut.

“Yang namanya keuangan negara dimensinya luar biasa banyaknya. Kalau kita pengelola keuangan negara, kita siap bekerja di berbagai macam dimensi-dimensi tersebut. Tidak bisa anda berpikir sempit. Kami semua di pimpinan sangat-sangat yakin untuk bekerja secara sinergis,” tuturnya.

Dijelaskan oleh wakil Sri Mulyani itu jika seperangkat alat (tools) untuk mengembangkan dan mengimplementasikan konsep kepemimpinan bisa mulai dari pemberian penghargaan bagi yang berprestasi.

Kemudian, pengelolaan kinerja, penyusunan kode etik, pengawasan kedisiplinan, pengembangan kompetensi, perubahan pola kepemimpinan dengan berbasis digital dan tools lain-lain. Dia pun mengungkapkan bahwa semua tools ini dapat berkembang dengan esensi ada pada diri masing-masing individu.

“Anda adalah role model untuk lingkungan di rumah. Anda adalah role model untuk lingkungan di kantor. Mulai memimpin dari memimpin diri sendiri, memimpin lingkungan, bekerja dengan orang lain, berinteraksi bersinergi dengan tetap menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme untuk melayani masyarakat,” tutup Wamenkeu Suahasil Nazara.