Luhut ke Gubernur Sulut: Kerahkan Seluruh Pejabat Jadi Duta Produk Lokal
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dok. Kemenko Marves)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey agar mengerahkan seluruh pejabat daerah untuk menjadi duta produk lokal melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Pelangi Sulawesi.

Sekadar informasi, Gernas BBI kali ini mengusung tema "Dari Sulawesi Menuju Mancanegara" dan fokusnya adalah mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Kepada Gubernur Sulut, mari kita dukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kerahkan seluruh pejabat daerah menjadi brand ambassador produk lokal. Tunjukkan bahwa pemerintah ada untuk UMKM," tuturnya dalam peluncuran gerakan Bangga Buatan Indonesia #PelangiSulawesi, Kamis, 26 Agustus.

Lebih lanjut, Luhut mengapresiasi UMKM yang sudah bergabung dalam ekosistem digital, di mana saat ini jumlahnya mencapai telah 15,5 juta UMKM. Menurut Luhut, capaian tersebut menunjukan Indonesia sudah maju dalam bidang teknologi.

"Ini sangat bagus, semua terdigitalisasi, sehingga tanpa kita sadari, negeri ini menjadi negeri yang sangat maju dalam bidang teknologi," ujarnya.

Tak hanya itu, kata Luhut, peningkatan jumlah UMKM dalam perdagangan digital tersebut juga membuktikan hasil kerja dan semangat gotong royong dalam membangun Gernas BBI, mengingat bagaimanapun ekonomi Indonesia bergantung pada UMKM.

Luhut juga berharap pelaku UMKM artisan di Sulawesi Utara mampu naik kelas dan masuk dalam ekosistem perdagangan digital. Sebab, digitalisasi merupakan kunci dalam pengembangan kampanye Bangga Buatan Indonesia di Tanah Air.

"Kami yakin Provinsi Sulawesi Utara akan memberi konstribusi yang signifikan untuk mencapai target Gernas BBI yang ditargetkan 30 juta UMKM on boarding pada 2023," ucapnya.