Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan agar semua pemerintah daerah menayangkan katalog elektronik atau E-Katalog lokal dalam pengadaan barang dan jasa.

Hal ini disampaikan Luhut saat Evaluasi Gerakan Afirmasi Cinta Produk Dalam Negeri yang dihadiri Presiden Joko Widodo di JCC Senayan.

"Kami juga terus berupaya mendorong penayangan E-Katalog lokal oleh seluruh pemda," kata Luhut dilihat dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 24 Mei.

Luhut mengungkapkan, sampai saat ini masih 46 pemerintah di tingkat kabupaten/kota yang sudah menayangkan E-Katalog lokal. Karenanya, Luhut meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendorong pemda lainnya agar segera menayangkannya.

"Kami mohon Kemendagri perlu memastikan 496 pemda segera menayangkan E-Katalog lokal pada Selasa, 31 Mei 2022," ucap Luhut.

Sejauh ini, Luhut menuturkan sudah ada 340.342 produk lokal yang tayang di E-Katalog per tanggal 24 Mei 2022. Sementara, Presiden Jokowi menargetkan produk E-Katalog lokal yang ditayangkan mencapai 1 juta produk pada tahun 2022.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Salah satu instruksi Jokowi dalam Inpres tersebut adalah meminta jajarannya untuk merencanakan, mengalokasikan, dan merealisasikan pengadaan barang/jasa pemerintah yang menggunakan produk dalam negeri di kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda).

Lalu, mendorong percepatan penayangan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi pada katalog sektoral/katalog lokal.