MNC Studios, Perusahaan Milik Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Ini Targetkan Movieland Beroperasi di Pertengahan 2022
Groundbreaking Movieland. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT MNC Studios International Tbk menargetkan proyek Movieland yang dibangun di kawasan MNC Lido City bakal beroperasi pada pertengahan 2022. Direktur MNC Studios International Titan Hermawan mengatakan, nantinya Movieland bakal menjadi sebuah terobosan inovatif perusahaan untuk menyediakan lingkungan praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi di satu tempat (one stop solution).

"Saat ini proses pembangunan sudah jalan, diharapkan pertengahan tahun depan sudah mulai beroperasi. Jadi, kami pindahkan semua proses syuting ke sana," kata Titan dalam paparan publik insidentil secara virtual, Kamis 8 Juli kemarin.

Perusahaan milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo ini sudah melakukan groundbreaking pembangunan Movieland seluas 21 hektare pada Februari 2021. Emiten bersandi saham MSIN tersebut menganggarkan belanja modal atau capital expenditure sekitar Rp300 miliar-Rp350 miliar untuk pengembangan Movieland.

Movieland merupakan pusat produksi film dan drama seri yang menjadi bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus MNC Lido City di Lido, Bogor, Jawa Barat. Movieland sebagai tempat produksi film mengusung konsep pusat industri film dan serial drama terintegrasi.

Nantinya Movieland akan dijadikan perseroan sebagai tempat memproduksi konten film maupun seri drama secara grup maupun oleh pihak ketiga. Titan memaparkan Movieland dibangun dengan konsep luar dan dalam ruang untuk menunjang produksi perfilman.

Di dalamnya juga akan disediakan peralatan teknologi berkelas seperti kamera, sistem suara, hingga fasilitas lain untuk mendukung proses pascaproduksi. Untuk di area terbuka, Movieland akan membangun kawasan shooting seperti area perumahan elit, pemukiman, dan nuansa pedesaan.

Di sekitarnya akan didukung pula dengan fasilitas lain seperti SPBU, rumah sakit, halte bus, stasiun kereta api, bahkan bandar udara. Selain itu juga disiapkan area lain untuk shooting adegan kolosal di area terbuka yang lebih fleksibel termasuk area berlatar kerajaan-kerajaan Indonesia di masa lampau.

Untuk shooting dalam ruang, MSIN akan menyiapkan studio indoor seluas 1.500 meter persegi di dalam Movieland. Studio tersebut akan dilengkapi layar hijau raksasa beserta set khusus lain untuk. mendukung produksi film dan serial drama.