Kabar Gembira dari Garuda Food, Produsen Gery dan Chocolatos Milik Konglomerat Sudhamek Ini Mau Bagi Dividen Rp131 Miliar
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen makanan ringan, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk bakal mengalokasikan sebagian laba untuk dijadikan dividen. Perusahaan bersandi saham GOOD ini juga akan mengubah susunan manajemen dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Dalam risalah RUPST yang diselenggarakan pada 16 Juni 2021, perusahaan milik konglomerat Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto ini akan membagikan dividen tunai sebesar Rp131,92 miliar atau Rp18 per saham.

"Sekitar 50,85 persen dari laba tahun buku 2020 yang dapat diatribusikan kepada pemilik induk, ditetapkan sebagai dividen tunai," tulis manajemen Garuda Food, dikutip Senin 21 Juni.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Desember 2021, produsen kacang Garuda ini mencatatkan penjualan neto senilai Rp7,71 triliun atau turun 8,61 persen dari tahun sebelumnya Rp8,43 triliun. Selanjutnya laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melemah 37,76 persen menjadi Rp259,41 miliar dari sebelumnya Rp416,85 miliar.

Selain mengalokasikan laba untuk dividen, perseroan juga menyisihkan Rp2 miliar untuk cadangan wajib dan sisanya Rp125,48 miliar digunakan sebagai cadangan umum. Manajemen Garuda Food juga mengubah susunan direksi dan komisaris perseroan menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto

Komisaris: Hartono Atmadja

Komisaris: Atiff Ibrahim Gill

Komisaris Independen: Dorodjatun Kuntjoro-Jakti

Komisaris Independen: Guy-Pierre Girin

Dewan Direksi

Direktur Utama: Hardianto Atmadja

Direktur: Paulus Tedjosutikno

Direktur: Robert Chandrakelana Adjie

Direktur: Fransiskus Johny Soegiarto

Direktur: Johannes Setiadharma

Direktur: Rudi Eko Hartono.

Garuda Food bergerak dalam bidang industri makanan ringan terutama produk-produk dari kacang, coklat dan biskuit serta pengolahan susu. Pada saat ini, kegiatan Perusahaan adalah dalam bidang industri makanan ringan dan minuman.

Produk-produk Garuda Food. (Foto: Dok. Garuda Food)

Produk-produk populer Garuda Food di antaranya adalah Kacang Garuda, Pilus Garuda, biskuit Gery, Chocolatos, dan Leo. Saat ini, GarudaFood udah memiliki lebih dari 13 ribu pegawai. Mereka juga melakukan joint venture dengan perusahaan minuman asal Jepang bernama Suntory buat memproduksi minuman-minuman segar tanpa alkohol buat pasar Indonesia.

Sudhamek sendiri adalah orang terkaya nomor 64 di Indonesia versi Forbes per Desember 2020. Kekayaan pria berusia 65 tahun itu mencapai 590 juta dolar AS, atau sekitar Rp8,4 triliun.