Kabar Gembira dari Unilever Indonesia, Produsen Lifebouy dan Pepsodent Ini Bagikan Dividen Hampir Rp7,13 Triliun
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Unilever Indonesia Tbk bakal membagikan dividen Rp7,13 triliun kepada pemegang sahamnya untuk tahun buku 2020. Hal tersebut sudah diputuskan dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) produsen barang-barang konsumsi tersebut pada 27 Mei 2021.

Adapun dividen emiten berkode saham UNVR itu setara dengan Rp187 per saham. Produsen sabun Lifebuoy dan pasta gigi Pepsodent ini memang terkenal royal, karena hampir selalu 100 persen labanya digunakan sebagai dividen.

Unilever Indonesia membukukan laba bersih senilai Rp7,16 triliun pada 2020. Nilai itu turun tipis 3,1 persen year-on-year (yoy) dari realisasi laba 2019 yang sejumlah Rp7,39 triliun.

Dengan demikian, untuk tahun buku 2020 Unilever Indonesia kembali menebar dividen dengan rasio pembayaran hampir 100 persen.

"Pembayaran dividen final kepada pemegang saham yang berhak akan dilaksanakan selambatnya pada 24 Juni 2021,” tulis manajemen Unilever Indonesia dalam keterangan resminya, Jumat 28 Mei.

Jumlah dividen itu termasuk dividen interim yang telah dibayarkan perseroan pada 17 Desember 2021 berjumlah sekitar Rp3,31 triliun atau setara Rp87 per saham.

Sebagai informasi, Unilever Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur, pemasaran dan distribusi barang konsumsi termasuk sabun, deterjen, margarin, makanan berbasis susu, es krim, produk kosmetik, minuman berbasis teh dan jus buah.

Portofolio perusahaan mencakup banyak merek yang terkenal, seperti Pepsodent, Pond's, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Wall's, Blue Band, Royco, Bango dan masih banyak lagi. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1933.