Produk Tisu Mojokerto Tembus Pasar AS hingga Eropa, Ekspor Perdana Dilepas Langsung Wamendag
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. (Foto: Dok. Kemendag)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melakukan seremoni pelepasan ekspor produk tisu asal Mojokerto, Jawa Timur yang diproduksi oleh PT Sun Paper Source sebesar 130 ton ke Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Tiongkok, dan Australia.

Menurut Wamendag, langkah tersebut sejalan dengan upaya menggenjot aktivitas ekspor produk nonmigas Indonesia sekaligus langkah konkret dalam menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional di tengah tekanan pandemi COVID-19.

“Ekspor ini membuktikan Indonesia sebenarnya bisa menghasilkan produk-produk berkualitas yang punya nilai tambah tinggi sehingga peran Indonesia di level global bisa terus ditingkatkan,” dalam keterangan resmi seperti yang dikutip VOI pada Minggu, 12 Juni.

Wamendag menambahkan, diterimanya hasil produksi dalam negeri oleh pasar internasional membuktikan bahwa kemampuan industri lokal tidak kalah dengan korporasi besar di dunia.

“Ke depan, saya optimistis kita bisa mengambil peran yang lebih signifikan dalam rantai global produk-produk berkualitas. Kita bisa karena kita mempunyai kemampuan dan sumber daya,” tuturnya.

Selain itu, ekspansi pelaku usaha nasional dalam merambah pangsa pasar mancanegara tidak lepas dari peran diplomasi pemerintah ke berbagai negara sahabat.

“Perjanjian perdagangan memberikan insentif, baik dari sisi tarif maupun nontarif terhadap banyak sekali produk ekspor Indonesia,” tegasnya.

Selanjutnya, pemerintah akan mencoba membantu pengusaha lokal untuk bisa memasarkan hasil produksi ke salah satu negara di kawasan Asia Selatan.

“Terkait pengembangan pasar ekspor ke Pakistan, kita akan mendorong ekspor tisu ke wilayah itu karena kemungkinan besar upaya diplomasi Indonesia dengan otoritas setempat bakal mendapat tarif 0 persen” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Sun Paper Source Ventje Hermanto menyebut jika perusahaannya merupakan satu dari banyak  korporasi nasional yang mendapat kesempatan untuk ambil bagian dalam program “Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke Pasar Global” yang dipimpin Presiden Joko Widodo tahun lalu.

“Kami mempunyai cita-cita untuk menjadi produsen kertas tisu terbesar di Asia Tenggara," katanya.

PT Sun Paper Source sendiri diketahui mampu memproduksi lebih dari 150.000 ton tisu dan turunan setiap tahun.

Adapun, acara pelepasan ekspor dilakukan pada tengah pekan ini dengan dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Bupati Kabupaten Mojokerto Ikfina Fahmawati, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Drajat Irawan, serta petinggi dari PT Sun Paper Source.