Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melepas ekspor produk komponen sepeda yang diproduksi oleh PT Shimano Batam Indonesia ke Singapura.

Menurut Wamendag, negara tetangga di kawasan Asia Tenggara itu merupakan pasar utama tujuan ekspor produk komponen sepeda RI. Asumsi tersebut didasarkan oleh data yang dilansir oleh Trademap.

“Pelepasan ekspor produk komponen sepeda ini menunjukkan tren bersepeda tidak hanya terjadi di dalam negeri, namun juga di dunia. Indikasi tersebut sekaligus memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia dalam mendorong ekspor komponen sepeda,” tuturnya dalam keterangan resmi dikutip Selasa, 1 Maret.

Wamendag menambahkan, berkomitmen untuk terus mendukung pelaku usaha, mendorong hilirisasi produk, serta peningkatan ekspor produk nonmigas ke pasar global. Dia juga mengapresiasi para pelaku industri nasional yang masih agresif menembus pasar ekspor di tengah pandemi.

“Sebagai program peningkatan ekspor nasional, Pemerintah Indonesia, baik di pusat maupun di daerah, akan terus mendorong peningkatan nilai ekspor dari sektor industri. Kemendag juga akan terus mendorong terciptanya nilai tambah produk ekspor serta perluasan pasar ke negara-negara mitra,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) disebutkan bahwa ekspor komponen sepeda pada 2017—2021 mengalami peningkatan sebesar 13,54 persen. Sementara untuk nilai pertumbuhan ekspor 2020—2021 adalah sebesar 1,12 miliar dolar AS.

Adapun, tiga negara tujuan ekspor RI selain Singapura adalah Amerika Serikat dengan valuasi pengiriman produk mencapai 16 juta dolar AS, Vietnam yang berpotensi 26 juta dolar AS, serta Jerman dengan potensi pengembangan pasar hingga 25 juta dolar AS.