Sri Mulyani Buka Program Beasiswa Luar Negeri LPDP, Ayo Buruan Daftar!
Ilustrasi (Foto: Dok. LPDP)

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara resmi membuka pendaftaran program beasiswa penuh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2022.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan pembiayaan beasiswa LPDP untuk generasi terbaik bangsa adalah salah satu bentuk keberpihakan APBN terhadap pendidikan dan pengembangan SDM secara umum.

“Untuk mendukung tercapainya visi Indonesia Maju 2045, salah satu prasyarat adalah tercapainya SDM yang berkualitas,” ujarnya saat menggelar konferensi pers secara virtual bertajuk Beasiswa LPDP 2022: Saatnya Giliranmu! pada Jumat, 25 Februari.

Menurut Menkeu, pemerintah berupaya mengoptimalkan fungsi APBN sebagai media peningkatan SDM melalui program strategis berkesinambungan.

“LPDP berkontribusi dalam memperkuat kualitas SDM Indonesia melalui dukungan pendidikan kelas terbaik dunia,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso mengungkapkan jika program beasiswa pemerintah ini akan dibuka dalam dua tahap. Dia pun memastikan bahwa proses penyelenggaraan program dilakukan secara profesional sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Seluruh proses seleksi Beasiswa LPDP dilakukan dengan prinsip, good governance, transparan, akuntabel, anti-diskriminasi, dan anti-KKN. LPDP mengimbau calon pendaftar untuk selalu berpedoman pada informasi yang disebarkan oleh kanal resmi LPDP dan selalu berhati-hati atas segala bentuk penipuan dan tindak kriminal lainnya,” tegas Dwi Larso.

Sebagai informasi, selama satu dekade perjalanan program LPDP, pemerintah konsisten menyisihkan anggaran untuk dikelola dalam dana abadi yang totalnya kini telah mencapai Rp99,1 triliun. Sementara jumlah penerima beasiswa tercatat sudah sebanyak 29.872 orang dengan penyaluran pendanaan mencapai Rp14,9 triliun.

Adapun, beasiswa LPDP 2022 tahap pertama dibuka pada Februari ini dan tahap kedua pada Juli mendatang.

Untuk pembukaan tahap I di tahun ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri pada berbagai kategori beasiswa yang telah disiapkan mulai 25 Februari hingga 27 Maret 2022. Proses seleksi hingga diperoleh terpilih akan berlangsung hingga 25 Juni 2022 sesuai dengan informasi dan panduan resmi yang dapat masyarakat akses pada laman www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Pembukaan Beasiswa LPDP 2022 mencakup program berikut:

a. Beasiswa Afirmasi:

1) Beasiswa Putra-Putri Papua

2) Beasiswa Daerah Afirmasi

3) Beasiswa Prasejahtera

4) Beasiswa Penyandang Disabilitas

b. Beasiswa Targeted:

1) Beasiswa Kewirausahaan

2) Beasiswa PNS, TNI, POLRI

3) Beasiswa Dokter Spesialis

4) Beasiswa Pendidikan Kader Ulama/Perempuan

c. Beasiswa Umum:

1) Beasiswa Reguler

2) Beasiswa PTUD

3) Beasiswa Kerjasama Co-Funding