Bank Mayapada, Perusahaan Milik Konglomerat Dato Tahir Mau RUPS Hari Ini, Apa Saja Agendanya?
Konglomerat Dato Tahir. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Mayapada Internasional Tbk akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini Senin 10 Mei pukul 14.00 WIB di Jakarta.

Mengutip pengumuman di Bursa Efek Indonesia (BEI), mata acara dalam rapat tersebut yakni penegasan susunan pemegang saham perseroan dan rencana perubahan susunan pengurus perseroan.

Diketahui, bank milik konglomerat Dato Sri Tahir ini kedatangan pemegang saham baru pada Maret kemarin. Liang Xian Ltd bergabung dengan dengan emiten bank berkode MAYA ini.

Liang Xian masuk ke Bank Mayapada melalui penawaran umum terbatas XIII (PUT XIII). Lian Xian memborong 1.466.033.913 lembar saham Bank Mayapada dengan harga beli Rp400 per saham.

Dengan demikian, nilai transaksi tersebut sebesar Rp586,41 miliar. Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi beberapa waktu lalu mengatakan, transaksi tersebut dilakukan pada 24 Maret 2021.

Adapun tujuan pembelian saham tersebut untuk investasi dengan status kepemilikan saham langsung. Sebelumnya, Dato' Sri Tahir menyatakan komitmen untuk menyuntikkan kembali modal untuk Bank Mayapada, di mana Pemegang Saham Pengendali Terakhir (PSPT) Bank Mayapada International ini telah menyetor Rp4,5 triliun untuk penguatan modal tahun lalu.

Sebagai informasi, Dato Tahir adalah bos Mayapada Group, yang menjadi orang terkaya nomor 6 di Indonesia. Dirinya menggenggam harta kekayaan mencapai 3,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp46,2 triliun.