Gelontorkan Rp433 Miliar, Perusahaan Tambang Batu Bara Milik Konglomerat Boy Thohir Beli Saham di Merdeka Copper Gold
Konglomerat Garibaldi (Boy) Thohir. (Foto: Dok. Forbes)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan tambang batu bara PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melakukan pembelian saham di perusahaan emas dan tembaga PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) senilai Rp433,18 miliar.

Dikutip dari publikasi Adaro di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sekretaris Perusahaan Adaro Energy Mahardika Putranto menyampaikan, Adaro melalui entitas anaknya PT Alam Tri Abadi, melakukan pembelian saham MDKA yang dimiliki oleh Garibaldi Thohir sebanyak 179 juta saham senilai Rp433,18 miliar pada 28 April 2021.

Transaksi investasi keuangan yang dilakukan Adaro tersebut merupakan Transaksi Afiliasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 42/POJK.04/2020 Tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan (POJK 42/2020).

Transaksi tersebut merupakan transaksi afiliasi karena konglomerat Garibaldi 'Boy' Thohir juga memegang 6,18 persen saham Adaro, sekaligus menjadi direktur utama perseroan.

"Harga transaksi per saham ialah Rp2.420," ujar Mahardika.

BACA JUGA:


Adaro berkeyakinan bahwa harga tersebut telah merefleksikan nilai wajar MDKA saat pembelian saham dilakukan pada tanggal 28 April 2021. Perseroan memilih untuk berinvestasi pada instrumen saham di sektor komoditas emas dan tembaga untuk melindungi nilai terhadap inflasi karena sektor ini memiliki fundamental yang baik untuk kondisi perekonomian saat ini.

Adaro melihat bahwa emas merupakan salah satu komoditas yang cukup tangguh di masa ekonomi yang sulit. Situasi tingkat bunga yang cukup rendah saat ini dimana banyak negara melakukan pelonggaran kebijakan moneter, emas berpotensi menjadi pilihan investasi jangka panjang yang menarik.

Perseroan juga melihat tingkat permintaan tembaga di dunia secara bertahap terus meningkat sementara kondisi pasokan masih cukup terbatas.