Perusahaan Milik Konglomerat Aburizal Bakrie Pakai Dana <i>Rights Issue</i> Rp1,6 Triliun Pacu Tambang Emas
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bumi Resources Minerals Tbk menyatakan, akan menggunakan dana penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue senilai Rp1,6 triliun untuk memacu bisnis tambang emas.

Direktur Utama Bumi Resources Minerals Suseno Kramadibrata dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa 20 April mengatakan, keberhasilan pelaksanaan rights issue ini menandakan adanya kepercayaan dari para pemegang saham terhadap perseroan.

Adapun, dari dana hasil rights issue itu BRMS mengalokasikan 23 juta dolar AS untuk melakukan pengeboran di beberapa prospek emas di Poboya, Palu, Sulawesi. Dari proyek itu perseroan berharap mendapatkan tambahan sekitar 15 juta-20 juta ton cadangan dan sumber daya bijih emas dari area itu.

Hasil pengeboran akan disampaikan pada kuartal IV 2021 dan kuartal II 2022. BRMS juga akan menggunakan sekitar 48 juta dolar AS dari dana hasil rights issue untuk membangun pabrik pengolahan bijih emas dengan kapasitas sebesar 4.000 ton bijih per hari di Poboya.

Konstruksi pabrik tersebut akan dimulai pada pertengahan 2022 dan diperkirakan selesai dan dapat beroperasi di kuartal I 2024. BRMS juga tengah menyelesaikan konstruksi atas fasilitas pengolahan lainnya untuk menambah kapasitas pengolahan yang ada saat ini dari 500 untuk menjadi 4.500 ton bijih per harinya di Poboya, Palu yang diharapkan dapat mulai beroperasi pada kuartal II 2022.

"Pabrik pengolahan bijih emas yang baru diharapkan dapat menambah jumlah produksi emas, pendapatan, dan laba bersih dari BRMS. Penemuan atas cadangan dan sumber daya bijih emas juga diperkirakan akan dapat meningkatkan umur produktif tambang perusahaan," ujar Suseno.

Selain itu, BRMS juga mengalokasikan sekitar 5,25 juta dolar AS dari hasil rights issue untuk melakukan pengeboran di beberapa prospek emas dan untuk mengembangkan lokasi tambang emas di Motomboto, Gorontalo Sulawesi.

BRMS melaporkan bahwa seluruh pemegang saham yang tercatat di daftar pemegang saham perusahaan per 30 Maret 2021 telah melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang diterbitkan dalam rights issue. BRMS menerbitkan 22,9 miliar saham dengan harga pelaksanaan Rp70 per saham.

Dengan demikian, perseroan menghimpun dana segar mencapai Rp1,6 triliun. Adapun, periode pelaksanaan rights issue itu berakhir pada 9 April 2021.