Bagikan:

JAKARTA - Di tengah perkembangan pesat industri event, kebutuhan akan solusi ticketing yang fleksibel dan mudah dikendalikan menjadi semakin penting.

Untuk menjawab kebutuhan ini, TixFly hadir sebagai platform manajemen event yang menawarkan pendekatan berbeda dari platform ticketing konvensional.

Sebagai platform manajemen event yang didirikan oleh Alfian Tinangon dan Septy Handayani, TixFly menawarkan solusi komprehensif untuk mengelola penjualan tiket, analisis data, hingga komunikasi dengan pengunjung, yang dinilai jauh lebih mendalam dibandingkan platform agregator tiket biasa.

Founder dan Chief Executive Officer TixFly, Alfian Tinangon menuturkan, salah satu inspirasi untuk menciptakan TixFly berasal dari kebutuhan khusus dalam mengelola acara yang tidak sepenuhnya terpenuhi oleh platform tiket konvensional.

“Kita melihat banyak event yang kesulitan memanfaatkan data pengunjung secara efektif. Misalnya, siapa yang datang, preferensinya, hingga pengeluaran mereka,” tuturnya.

TixFly memiliki kemampuannya dalam memberikan data analitik yang lengkap kepada penyelenggara.

Dengan dukungan data realtime yang diperoleh, penyelenggara dapat memahami preferensi dan perilaku audiens mulai dari detail transaksi pengunjung, waktu kedatangan, hingga preferensi belanja di merchant yang ada di event tersebut.

“Dengan insight ini, penyelenggara dapat merancang strategi promosi yang lebih efektif, serta menentukan fokus event berikutnya secara lebih matang dan terencana,” jelasnya.

Platform yang berada di bawah naungan PT Multi Way Solution ini juga mengusung konsep whitelabel sehingga memungkinkan brand memiliki branding mereka sendiri sekaligus dapat mengelola tiket dan data audiens secara mandiri dan eksklusif.

Alih-alih mengandalkan platform pihak ketiga yang kadang-kadang mengarahkan calon pengunjung ke acara lain, TixFly memungkinkan setiap brand dan penyelenggara acara untuk memiliki kanal tiket resmi sehingga event dan komunikasi dengan audiens bisa terasa lebih eksklusif.

Hal ini menjadi salah satu nilai tambah untuk mempertahankan loyalitas konsumen dan meningkatkan conversion rate dari iklan digital yang dijalankan.

“Di TixFly, brand bisa mengarahkan seluruh pengunjung langsung ke kanal resmi mereka tanpa harus bersaing dengan event lain di platform agregator," ujarnya.

Misalnya, salah satu Hotel di Bali yang menyandang sebagai 50 best hotel world wide, yang sebelumnya menggunakan beberapa ticketing partner untuk berbagai event-nya kini bisa memusatkan seluruh manajemen tiket dan data pengunjungnya di satu platform, yaitu TixFly.

Co-Founder dan Chief Operating Officer TixFly, Septy Handayani mengatakan, TixFly dapat digunakan untuk mendukung berbagai jenis acara, mulai dari festival musik, konser, hingga acara komunitas besar dan fashion show, baik yang tiketnya berbayar maupun yang gratis. Fleksibilitas ini memungkinkan platform menyesuaikan kebutuhan unik setiap event.

"Seperti di Jakarta Fashion Week, yang memerlukan pengelolaan khusus untuk distribusi slot VVIP dan mitra, TixFly mampu mengatur distribusi tempat duduk sesuai kebutuhan mereka. Begitu pula dengan event-event lain," jelasnya.

Selain di industri fasyen dan entertainment, TixFly juga berperan di industri olahraga dengan mendukung kesuksesan Jakarta Running Festival (JRF).

Bekerja sama dengan Athletica Company, TixFly berkontribusi melalui sistem data-driven event management yang memastikan acara berjalan lebih efektif, efisien, rapih, dan optimal.

Tidak hanya sebatas platform penjualan tiket, TixFly juga mengintegrasikan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengunjung.

AI di TixFly memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan informasi langsung tentang lokasi acara, arah menuju parkir, toilet, atau fasilitas dan area tertentu di venue hanya dengan mengirimkan pesan.

Teknologi ini menjadikan TixFly lebih dari sekadar platform ticketing, tetapi juga sebagai asisten virtual yang memudahkan pengalaman pengunjung.

Di event-event besar dengan luas area yang sering membingungkan,

AI TixFly dapat memberikan pengalaman pengunjung yang lebih nyaman dan bebas hambatan.

Dengan berbagai inovasi dan teknologi yang ditawarkan, TixFly menunjukkan potensi besar sebagai partner strategis bagi penyelenggara event di Indonesia, menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung dan mendukung pengelolaan acara yang lebih efektif.