Mentan Syarul Yasin Limpo: Harapan Kami di Ramadan hingga Idulfitri Kebutuhan Pangan Betul-betul Tersedia
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin kebutuhan pangan dan pasokan daging untuk masyarakat aman terpenuhi selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.

“Harapan kami di Ramadan sampai Idulfitri nanti kebutuhan pangan betul-betul tersedia,” ujar Syahrul Yasin, Selasa 6 April.

"Kami melaporkan setiap saat kepada presiden tentang persediaan sebelas komoditi yang ada," sambungnya.

Syahrul mengungkapkan sesuai dengan perkiraan yang telah ditetapkan, kebutuhan komoditas daging bisa dikendalikan sesuai dengan standar yang ada. 

Akan tetapi, kata dia, harga daging akan naik menyusul permintaan yang tinggi selama Ramadan hingga Lebaran. Namun Kementan tetap memonitor batasan-batasan kenaikan harga.

“Kalau ada lonjakan harga yang tak terkendali maka akan dilakukan operasi pasar,” jelas Syahrul.

Kendati demikian, Kementan akan melakukan intervensi harga, salah satunya mendekatkan daerah produsen daging dengan daerah defisit daging.

“Kita berharap kebutuhan daging beku akan siap. Untuk daging segar akan kami datangkan untuk memenuhi kebutuhan dasar,” kata Syahrul.

Untuk informasi, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian telah memperhitungkan kebutuhan normal kebutuhan daging pada April mencapai 56 ribu ton. Sedangkan Mei sebesar 76 ribu ton.

Untuk stok sapi lokal baik sapi bakalan maupun sapi lokal sendiri ada sebanyak 188 ribu ekor sapi yang siap dipotong untuk periode April dan Mei.