Mentan Syahrul Pastikan Stok Pangan Aman Hingga Lebaran 2022
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan bahwa pasokan pangan aman selama bulan Ramadan hingga Lebaran mendatang. Ia pun mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan pasokan bahan pokok selama momentum ini.

Pernyataan Syahrul disampaikan usai melakukan pengecekan terhadap 12 komoditas bahan pangan, meliputi beras, jagung, kedelai hingga bawang merah, yang semuanya relatif aman.

"Prinsipnya sampai dengan Ramadan dan Idulfitri semua tersedia cukup aman menurut kami. Kami sudah validasi data ini, kami sudah faktualisasi sampai lapangan," katanya dalam rapat dengan Komisi IV DPR, dikutip Selasa, 12 April.

Sementara untuk beras, jagung, bawang merah, cabai merah, daging ayam, telur ayam dan minyak goreng ketersediaannya diperkirakan dapat dipenuhi dari produksi dalam negeri.

"Untuk komoditas seperti kedelai, bawang putih, daging sapi dan gula konsumsi pemenuhannya selain produksi dalam negeri juga dari importasi," jelasnya.

Antisipasi kenaikan harga

Kementan juga melakukan antisipasi kenaikan harga dalam bulan Ramadan dan Idulfitri 2022, pada komoditas seperti kedelai, bawang merah, cabai dan lainnya.

"Rawan terhadap kenaikan harga saat Ramadan dan Idulfitri melalui pendekatan jangka sangat pendek atau sangat darurat, dan Ramadan dan Idulfitri ada agenda temporary maupun agenda permanen yang kami susun," terang dia.

Selain itu, Syahrul mengatakan pihaknya juga menyiapkan langkah kerja sama dengan stakeholder terkait untuk mendistribusikan pasokan komoditas pangan strategis dari daerah surplus ke daerah defisit.

"Selain upaya menghadapi Ramadan dan Idulfitri, Kementan juga mengantisipasi masuknya musim kemarau 2022 agar produksi pangan tetap terjaga dengan baik," ucapnya.