Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatan pada hari ini, Senin 14 Oktober. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG bergerak pada rentang resistance 7.600, pivot 7.550, support 7.500.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, indeks-indeks Wall Street menguat signifikan di Jumat 11 Oktober. S&P 500 mencatatkan level 5.800 untuk pertama kalinya dalam sejarah. Penguatan tersebut ditopang oleh kinerja keuangan kuartal III 2024 yang lebih baik dari perkiraan dari sejumlah perusahaan besar, termasuk JPMorgan Chase dan Wells Fargo.

“Di samping itu, pasar juga merespon tren penurunan inflasi dari penurunan Producer Price Index ke 1,8 persen yoy di September 2024 dari 1,9 persen yoy di Agustus 2024. Terkait kondisi ini, CME FedWatch Tools mencatat 90 persen peluang pemangkasan 25 bps dalam FOMC November 2024,” ungkap Phintraco Sekuritas.

Menurut Phintraco Sekuritas, IHSG menjaga posisinya di atas level psikologis 7.500 di Jumat lalu. Sejalan dengan pergerakan tersebut, penyempitan negative slope pada MACD masih berlanjut. Dengan demikian, IHSG hari ini berpeluang lanjutkan technical rebound sampai kisaran 7.550-7.580.

“Akan tetapi perkembangan sejumlah sentimen eksternal akan mempengaruhi pergerakan IHSG di sisa pekan ini,” papar Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas menambahkan, pasar fokus pada konferensi pers Kementerian Keuangan China terkait kebijakan fiskal dan pertumbuhan ekonomi di China pada Sabtu 12 Oktober.

Sedangkan dari dalam negeri, Phintraco Sekuritas menyebut, Neraca Perdagangan Indonesia diperkirakan surplus sebesar 3.1 miliar dolar AS pada September 2024 yang dirilis pada Selasa 15 Oktober.

“Kemudian pasar juga menanti rapat RDG Bank Indonesia (BI) terkait penentuan suku bunga serta pertumbuhan kredit di Indonesia pada Rabu 16 Oktober,” jelas Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan enam saham untuk hari ini, yaitu INTP, SMGR, PWON, ARTO, PGAS, dan HRUM.