Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar pada masa mendatang.

Hal tersebut lantaran kekuatan ekonomi global yang tadinya di negara Barat sudah bergeser ke Asia, sehingga membuka peluang untuk Indonesia untuk tampil sebagai kekuatan ekonomi baru di kawasan ini.

Jokowi menyampaikan di Asia diprediksi akan menjadi pusat ekonomi dunia dan akan ada tiga negara yang menjadi kekuatan ekonomi baru yaitu, India, China dan Indonesia.

"Diprediksi ada 3 ekonomi kekuatan baru di Asia. Ada 3 negara diperkirakan, India, China, Indonesia. Ketiganya ada di Asia," tuturnya dalam acara BNI Investor Daily Summit 2024, Selasa, 8 Oktober.

Untuk menjadi kekuatan ekonomi baru, Jokowi memperingatkan, jalan menuju hal tersebut akan melalui banyak tantangan, seperti pelemahan ekonomi dunia dan konflik geopolitik yang memanas.

"Tapi hati-hati untuk menuju 3 negara tadi untuk jadi superpower banyak tantangan dan syarat yang perlu dilalui," ucapnya.

Sebab itu, Jokowi menyampaikan pentingnya untuk menjaga optimisme dan menghadapi tantangan tersebut dengan sikap yang positif.

Sehingga jangan terjebak pada rasa pesimis terhadap ketidakpastian global dan perubahan iklim sehingga perlu semuanya untuk melakukan langkah antispaisi.

"Di dalam negeri kita ada urusan yang berkaitan dengan produktiviitas, bagaimana meningkatkan produktivitas, icor kita, semuanya menjadi PR besar bagi pemerintahan yang akan datang," jelasnya.