Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai transisi Pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto berjalan mulus.

"Saya senang, sejak beliau terpilih sebagai presiden terpilih, persiapan menuju ke pelantikan itu betul-betul secara rencana kerja, program, dan lain-lain transisnya berjalan dengan baik," ujarnya dalam acara BNI Investor Daily Summit 2024, Selasa, 8 Oktober.

Jokowi menambahkan, Prabowo sebagai presiden terpilih, aktif mengikuti rapat-rapat penting termasuk dalam penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025, sehingga rencana-rencana untuk program unggulan yang akan dilaksanakan betul-betul disiapkan dengan baik.

"Sebagai contoh untuk RAPBN 2025, saya ngga tau berapa kali pertemuan prabowo dengan Bu Menkeu hampir tiap minggu, tiap hari bertemu mempersiapkan itu, artinya transisi kepemimpinan ini akan berjalan dengan lancar insyaallah mulus, sehingga setelah dilantik presiden dan seluruh kabinet bisa langsung bekerja dengan cepat melaksanakan program-program yang ada, tanpa ada jeda," tuturnya.

Jokowi membandingkan, saat dirinya baru menjabat sebagai presiden membutuhkan waktu hingga satu setengah tahun menyelesaikan transisi.

Sementara masa transisi pada saat ini berjalan dengan baik dan mulus.

"Saya 2014, butuh waktu 1 sampai 1,5 tahun untuk mengonsolidasikan, artinya 1 - 1,5 tahun waktu kita hilang karena itu saya sangat senang sekali proses transisi pemerintahan ini yang kita harapkan tinggal 12 hari berjalan dengan baik dan berjalan dengan mulus," ucapnya.

Menurut Jokowi, masa transisi pemerintahan yang berjalan dengan baik dan mulus sangat penting untuk menjaga optimisme masyarakat dalam menjaga stabilitas politik dan ekonomi.