Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah, usai acara pelantikan presiden-wapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober.

"Pada tanggal 20 Oktober 2024 sore, saya pulang ke Solo," ujar Presiden usai menghadiri pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta dilansir ANTARA, Selasa, 8 Oktober.

Presiden mengaku tidak ada kegiatan usai acara pelantikan tersebut. Jokowi akan beristirahat setelah sampai Solo.

"Pulang ke Solo dahulu, tidur," kata Presiden.

Jokowi dalam pernyataannya, meyakini transisi pemerintahan akan berjalan mulus dan langsung bergerak tanpa jeda karena Prabowo Subianto selalu menghadiri rapat dan sidang kabinet untuk konsolidasi sejak KPU menetapkan Prabowo menjadi calon presiden terpilih pada Pemilu 2024.

"Yang saya senang, sejak beliau (Prabowo) terpilih, sebagai [calon] presiden terpilih, persiapan menuju ke pelantikan itu betul-betul secara rencana kerja, program, dan lain-lain, transisinya berjalan dengan baik," kata Jokowi.

Jika sebelumnya Prabowo selaku Menteri Pertahanan hanya hadir untuk urusan pertahanan di sidang kabinet, kata Jokowi, setelah menjadi calon presiden terpilih pada Pilpres 2024, Prabowo hadir di semua rapat terbatas dan rapat paripurna.