Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyesuaikan jadwal perjalanan LRT Jabodebek mulai hari ini. Hal tersebut berdampak pada berkurangnya perjalanan dan waktu tunggu kereta (headway) menjadi 11 menit.

Manager Public Relations Mahendro Trang Bawono mengatakan penyesuaian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pola operasi, dengan tetap mendukung kebutuhan pengguna pada jam-jam sibuk juga untuk memaksimalkan perawatan.

Melalui penyesuaian ini, sambung Mahendro, jumlah perjalanan LRT Jabodebek menjadi 348 perjalanan di hari kerja, sedangkan pada akhir pekan tetap sebanyak 260 perjalanan per hari.

Dengan berkurangnya jumlah perjalanan ini, maka headway kereta menjadi 11 menit dari sebelumnya 10 menit.

“Penyesuaian ini adalah bagian dari upaya kami untuk mengoptimalkan pola operasi, sehingga operasional LRT Jabodebek dapat berjalan lebih efisien sambil tetap memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna,” ujar Mahendro dalam keterangan resmi, Rabu, 25 September.

Meskipun ada penyesuaian, sambung Mahendro, jadwal tetap diprioritaskan untuk mendukung pengguna pada jam sibuk dengan pola operasi yang lebih efisien dan tepat waktu.

Volume pengguna LRT Jabodebek pada hari kerja di bulan September 2024 tercatat mencapai rata-rata 79.247 pengguna per hari.

Adapun waktu paling padat terjadi pada pukul 06.00–08.00 saat pagi hari serta pukul 16.00–19.00 pada sore hari.

Mahendro menyampaikan, penyesuaian ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi yang menunjukkan jumlah perjalanan saat ini telah mencukupi untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, khususnya pada jam sibuk.

“KAI juga memanfaatkan penyesuaian ini untuk menjaga kehandalan operasional baik sarana ataupun prasarana LRT Jabodebek,” tuturnya.

KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna atas kepercayaan dan dukungannya terhadap layanan LRT Jabodebek. Saat ini operasional LRT Jabodebek sudah beroperasi sampai pukul 22.49 untuk Dukuh Atas-Jatimulya, dan pukul 22.55 untuk Dukuh Atas-Harjamukti.

“Kami akan terus berupaya memberikan layanan yang optimal, aman, dan tepat waktu bagi seluruh pengguna. Penyesuaian ini merupakan langkah kami dalam menjaga keseimbangan antara efektivitas operasional dan kualitas pelayanan,” katanya.

Berikut jadwal keberangkatan LRT Jabodebek:

Keberangkatan Pertama:

- Jatimulya-Dukuh Atas: 05.22

- Harjamukti-Dukuh Atas: 05.30

- Dukuh Atas-Harjamukti: 06.22

- Dukuh Atas-Jatimulya: 06.17

Keberangkatan Terakhir:

- Jatimulya-Dukuh Atas: 21.56

- Harjamukti-Dukuh Atas: 22.04

- Dukuh Atas-Harjamukti: 22.55

- Dukuh Atas-Jatimulya: 22.49