Bagikan:

JAKARTA - PT United Tractors Tbk (UNTR) ungkapkan tengah menggencarkan strategi keberlanjutan yaitu meluncurkan traktor listrik dan hybrid.

Corporate Secretary UNTR, Sara K. Loebis menjelaskan sebagai distributor alat berat dengan merek Komatsu tengah mengembangkan teknologi hybrid antara bahan bakar minyak (BBM) dan listrik dengan bertipe medium dengan tonase 20 ton.

Meski demikian, Sara menyampaikan minat terkait alat berat hybrid tersebut belum setinggi dengan alat sebelumnya lantaran, dari segi harga bisa dikatakan belum kompetitif sehingga hanya diminati sebagian customer.

"Di Indonesia masih selected customer yang mau concern hybrid. Memang Emisinya lebih rendah, tapi kalau soal kompetitif itu belum," ujar Sara dalam Media Day Astra, Rabu, 18 September.

Meski minat pasar belum tingginya, Sara menyampaikan perseroan telah memperkenalkan electric excavator. Namun belum siap dipasarkan karena masih dalam tahap uji coba.

Selain itu, Sara mengatakan pihaknya terus memastikan bahwa alat berat Komatsu yang konvensional terus mmemelakukan inovasi yaitu dengan memiliki pembakaran yang lebih efisien sehingga, konsumsi BBM akan lebih hemat.

"Karena ini salah satu misi kami untuk keberlanjutan, dan mengenai teknologi alat berat yang lebih ramah lingkungan," ujarnya.

Sara mencontohkan salah satu anak usahanya yaitu PT Pamapersada Nusantara yang telah menerapkan teknologi yang ramah lingkungan dengan mengerahkan bio fuel B30 untuk bahan bakar alat berat sehingga, emisi yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan lainnya.