Bagikan:

JAKARTA - Emiten alat berat PT United Tractors Tbk (UNTR) memastikan akan tetap membagikan dividen interim dan dividen final untuk tahun buku 2024, dengan payout rasio 40 persen dari perolehan laba bersih tahun ini.

Sekadar informasi, UNTR tetap membagikan dividen meskipun laba bersih perseroan turun pada paruh pertama tahun 2024.

Perseroan mencatatkan laba bersih Rp9,5 triliun, turun 15 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Direktur UNTR Vilihati Surya mengatakan, perseroan berkomitmen untuk membagikan dividen tahun buku 2024 dengan proporsional kepada para pemegang saham.

Namun, Vilihati menekankan bahwa hitung-hitungan ihwal rasio bakal tetap disesuaikan dengan kebutuhan belanja modal, serta investasi mendatang.

“Tahun ini dividen sekitar 40 persen, sesuai dengan dividen yang telah kita bagikan tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, UNTR mencatatkan pendapatan sebesar Rp64,5 triliun di sepanjang paruh pertama 2024.

Jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp68,67 triliun.

Sekertaris Perusahaan UNTR Sara K Loebis mengatakan bahwa penurunan pendapatan ini disebabkan oleh lesunya kinerja dari segmen mesin konstruksi dan pertambangan batu bara.

“Sampai dengan semester pertama tahun 2024, pendapatan bersih konsolidasian perseroan mencapai Rp64,5 triliun,” katanya dalam konferensi pers Public Expose Live secara virtual, Jumat, 30 Agustus.