Bagikan:

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 37,19 poin atau 0,48 persen ke 7.798,15 di akhir perdagangan kemarin, Kamis 12 September. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memproyeksikan IHSG berpotensi kembali uji resistance level 7,850 di hari ini, Jumat, 13 September.

Dari sisi global, pasar menantikan rilis data Michigan Consumer Expectation September 2024 yang diperkirakan mengalami penurunan menjadi 71 dari 72.1 di Agustus 2024.

"Data tersebut diyakini dapat mempengaruhi pandangan pasar terhadap kondisi ekonomi Amerika Serikat di semester II-2024," jelas Phintraco Sekuritas.

Selain itu pasar juga menantikan rilis data industrial production Juli 2024 di Euro Area yang dijadwalkan rilis hari Jumat. Pasar memperkirakan data tersebut mengalami perbaikan meskipun masih berada di zona negatif menjadi -2,7 persen year on year (yoy) dari -3,9 persen yoy di Juni 2024.

Dari sisi regional, pasar menantikan rilis data industrial production bulan Juli 2024 di Jepang yang dijadwalkan rilis pada hari Jumat.

Data tersebut diyakini dapat memberikan gambaran bagi pelaku pasar mengenai kegiatan produksi dalam sektor manufaktur, pertambangan, dan utilitas di Jepang pada bulan Juli 2024 sebagai petunjuk penting dalam memperkirakan pertumbuhan ekonomi Jepang di sisa paruh kedua tahun ini.

Adapun saham pilihan dari Phintraco Sekuritas untuk Jumat ini, antara lain PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Harum Energy Tbk (HRUM), PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Timah Tbk (TINS) dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN).