Bagikan:

BANDUNG - Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang milik PT PLN (Persero) yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kini tak hanya memproduksi listrik, melainkan menjadi produsen hidrogen hijau melalui Green Hydrogen Plant (GHP).

Untuk informasi, GHP ini merupakan yang ke-22 yang dibangun oleh PLN dan akan memasok hidrogen hijau ke Hydrogen Refueling Station (HRS) Senayan.

"Hidrogen hijau yang diproduksi di GHP Kamojang dihasilkan dari air kondensasi dalam proses produksi listrik di PLTP Kamojang," ujar Senior Manager UBP Kamojang Ibnu Agus Santosa, Rabu, 4 September.

Beroperasi sejak tahun 1982, PLTP Kamojang memanfaatkan potensi alam berupa uap panas bumi terbaik di dunia untuk menghasilkan listrik bersih.

Prestasi ini menjadikan PLTP Kamojang sebagai pembangkit listrik pertama milik PLN Group yang mendapatkan sertifikasi Renewable Energy Certificate (REC) sejak tahun 2021.

Terletak di Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, PLTP Kamojang mampu menghasilkan daya listrik sebesar 140 MW, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Region 2 Jawa Barat.

Ibnu mengatakan, langkah ini menandai komitmen PLN untuk terus mengembangkan energi baru terbarukan guna mendukung kelestarian lingkungan dan mencapai target NZE.

“Dengan adanya GHP di PLTP Kamojang ini kami berharap bisa menjadi inovasi yang terus berkembang dalam menghasilkan produk ramah lingkungan dan menjadi salah satu Beyond kWh dari PLN Group, From Green to Greener,” pungkas Ibnu.

Dok. Maria