Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilelang pengelolaannya pada 2025 mendatang.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis, 22 Agustus.

"Pertengahan tahun depan dibuka lelang pengelolaan," ujar Endra.

Endra menyebut, ada 3 seksi Tol IKN yang akan rampung konstruksinya pada akhir 2024 ini. Ketiganya adalah Jalan Tol IKN Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km), Jalan Tol IKN Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung yang membentang 7,32 km dan Jalan Tol Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Menurut Endra, setelah konstruksi rampung, kontraktor masih harus bertanggung jawab atas pemeliharaan infrastruktur selama 6 bulan setelahnya.

"Kalau selesai konstruksi itu PHO (primary hand over). Artinya, sudah selesai. Kemudian, ada masa pemeliharaan 6 bulan," katanya.

Adapun ketiga ruas Jalan Tol IKN tersebut telah difungsionalkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 juga merupakan upacara selamat datang kepada ibu kota baru.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengeklaim, pembangunan ketiga ruas tol tersebut berjalan bagus.

"Progresnya bagus, sudah diaspal. Target kami pokoknya akan satu jalur, satu arah (ada) tiga lajur," ujar Danis saat ditemui di kantornya, Jumat, 5 Juli.