Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, akan rampung tahun ini.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menyebut, proyek-proyek tersebut siap untuk dilelang ke badan usaha jalan tol (BUJT) setelah rampung. "Selesai tol tiga seksi (di IKN) 3A, 3B dan 5B," kata Endra yang dikutip Jumat, 23 Agustus.

Endra bilang, ada sejumlah proyek di IKN yang dipastikan juga rampung pada tahun ini, yaitu Taman Kusuma Bangsa, Istana dan Kantor Presiden serta Bandara VVIP. Proyek lainnya adalah beberapa jalan tol, yakni Seksi 3A, 3B dan 5A.

"Tol tiga seksi (rampung) Desember. 3A, 3B dan 5A selesai. Terus 1A, 1B lanjut 2025," ujarnya.

Dia mengungkapkan, proyek-proyek jalan tol tersebut harus mengikuti proses provisional hand over (PHO) sebelum dilelang pemerintah. Tujuannya untuk memastikan proyek telah dibangun sesuai dengan standar.

Selain itu, proyek-proyek tersebut juga harus melewati masa pemeliharaan selama enam bulan. Dalam proses ini, kontraktor bertanggung jawab untuk memperbaiki berbagai hal yang dianggap belum sesuai dengan standar.

Menurut Endra, setelah masa pemeliharaan selesai, pemerintah baru akan menggelar pelelangan proyek-proyek tersebut.

"Sesudah enam bulan itu harus dipindahkan ke operator. Nah, itu sudah tanggung jawab operator. Sampai situ, apakah operatornya nanti Jasa marga, Hutama Karya, Waskita Karya atau yang lain, ya lelang. Air bersih juga lelang," ungkapnya.