Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menyampaikan progres konstruksi Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dikutip dari unggahan di akun Instagram resmi @pupr_binamarga, Rabu, 4 September, disebutkan bahwa pembangunan infrastruktur konektivitas IKN semakin progresif.

"Ruas-ruas jalan tol yang #MemudahkanJalanmu ditargetkan rampung akhir tahun ini dan menyusul tahun-tahun berikutnya," jelas PUPR.

Adapun ruas tol yang dimaksud yakni, Tol IKN Seksi 3A Karangjoang-KKT Karingau sepanjang 13,4 kilometer (km), Seksi 3B KKT Karingau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Sementara beberapa ruas lainnya seperti Jalan Tol Seksi 6A dan 6B ditargetkan rampung pada 2025. Adapun untuk Jalan Tol IKN Seksi 1 masih dalam proses lelang dan direncanakan selesai di 2026.

Guna mengejar target tersebut, Kementerian PUPR telah menerapkan strategi khusus agar pembangunan berlangsung baik dan tepat sasaran.

Seperti, bekerja sama dengan konsultan pengawas, mendatangkan ahli jalan tol dari Japan International Cooperation Agency (JICA) serta monitoring dan evaluasi (monev) berjenjang.