Bagikan:

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan, jalan tol akses IKN akan rampung pada April tahun depan.

"Jalan Tol Akses IKN ditargetkan dapat selesai pada April 2024," kata Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi di Jakarta, Kamis, 16 November.

Tulus menyebut, percepatan penyelesaian jalan tol akses IKN ini dalam rangka perayaan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara.

"Targetnya sebelum Agustus 2024 sejumlah seksi Tol Akses IKN Nusantara sudah selesai," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, progres jalan tol untuk mendukung akses menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah mencapai 55 persen hingga saat ini.

"Progresnya sudah hampir 55 persen. Diharapkan, nanti di Juni 2024 sudah bisa dipakai," kata Jokowi saat meninjau proyek jalan tol di kawasan IKN, Kalimantan Timur, seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 1 November.

Jokowi mengatakan, dengan adanya pembangunan tol tersebut, nantinya bisa memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju ke kawasan IKN dari sebelumnya sekitar 2 jam 15 menit menjadi hanya 50 menit saja.

"Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 kilometer (km), sehingga akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara," ujarnya.

Adapun Kementerian PUPR sendiri tengah menyelesaikan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara, guna mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN Nusantara yang saat ini sekitar 2 jam.

Jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sehingga nanti setelah tersambung, diperkirakan waktu tempuh hanya sekitar 30-45 menit.

Saat ini, pembangunan Jalan Tol IKN sudah berjalan 3 seksi, dan ditargetkan rampung pada pertengahan 2024 mendatang.