Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan 3 Segmen Jalan Lingkar Sepaku di IKN Nusantara
Ilustrasi (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku untuk mendukung konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur dan terdiri dari empat segmen.

Segmen 1 sepanjang 1,75 km dengan biaya APBN sebesar Rp66,6 miliar diprediksi selesai pada Januari 2023. Selanjutnya, Segmen 2 sepanjang 1,85 km selesai pada November 2022 dengan nilai Rp56,6 miliar, dan Segmen 3 sepanjang 2,17 km senilai Rp63,9 miliar.

"Untuk Segmen 1,2,dan 3 saat ini sudah PHO (Provisional Hand Over), selanjutnya Segmen 4 sudah pekerjaan konstruksi dan ditargetkan selesai Mei 2024," kata Danis dalam keterangan resminya, Senin, 16 Januari.

Danis menambahkan, selain Jalan Lingkar Sepaku, saat ini juga tengah dibangun Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sepanjang 2,99 km dan Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur sepanjang 2,96 km.

"Untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sudah dalam tahap konstruksi sejak September 2022 dan ditargetkan selesai April 2024. Sementara, untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur sudah terkontrak dan segera dibangun dengan target selesai Juni 2024," ujarnya.

Hingga saat ini, pekerjaan jalan untuk Segmen 1,2, dan 3 sepanjang 5,7 km sudah diselesaikan, sedangkan untuk segmen 4 masih dalam tahap konstruksi.

Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dilaksanakan secara bertahap dengan mengusung konsep "Future Smart Forest City of Indonesia", sehingga tetap memperhatikan aspek lingkungan.

"Pada tahap awal di tahun 2022-2024, pembangunan yang menjadi prioritas Kementerian PUPR salah satunya jalan nasional yang menjadi akses utama ke IKN Nusantara," tuturnya.

Sekadar diketahui, Kementerian PUPR juga sedang membangun Jalan Tol Akses IKN yang tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, tepatnya di KM 11.

Saat ini, tengah diselesaikan Tol akses IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 12,66 km, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Pembangunan ketiga jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan jalan menuju Ibu Kota Negara yang ditargetkan selesai pada 2024.