Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mencatat penyaluran kredit modal usaha untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah mencapai Rp2,84 triliun hingga Juni 2024.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, jumlah penyaluran kredit modal usaha untuk UMKM tersebut tumbuh sekitar 33,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Nixon mengatakan peningkatan penyaluran kredit modal usaha tersebut sejalan dengan meningkatnya para pelaku usaha yang menerima kredit UMKM BTN yang secara tahunan tumbuh sebesar 98,75 persen.

“Dari total kredit modal usaha tersebut, sebanyak Rp797,8 miliar disalurkan untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Rp2,04 triliun untuk Kredit UMKM),” kata Nixon dalam keterangan resmi, Rabu, 31 Juli.

Hingga Juni 2024, sambung Nixon, pertumbuhan KUR BTN mencapai 17,2 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara, Kredit UMKM melonjak 40,8 persen secara tahunan.

Lebih lanjut, Nixon mengatakan, BTN terus meningkatkan penyaluran kredit UMKM dengan menyasar khususnya pada sektor-sektor usaha yang tumbuh akibat multiplier effect dari ekosistem perumahan.

“Untuk mendukung hal tersebut, BTN telah melakukan transformasi dan digitalisasi proses kredit UMKM yaitu peningkatan pelayanan dan kemudahan akses kredit kepada UMKM,” jelasnya.

Nixon juga mengatakan BTN mendukung UMKM agar terus tumbuh berkembang dan naik kelas, dengan penyaluran kredit yang berkualitas dan tepat sasaran, tambah Nixon menegaskan.