Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, saat ini Indonesia sudah memiliki banyak stadion berstandar nasional bahkan internasional. Beberapa di antaranya juga ada yang sudah direnovasi dan sebagian lainnya masih dalam proses.

Pertama, Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Bandung, Jawa Barat. Nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api dipilih melalui jajak pendapat masyarakat Kota Bandung.

Stadion ini dibangun dari Oktober 2009 hingga Mei 2013. "Saat ini, tengah direnovasi oleh Kementerian PUPR untuk mencapai standar internasional dan ditargetkan selesai pada September 2024," tulis PUPR di Instagram resminya @kemenpupr, dikutip Jumat, 5 Juli.

Dengan kapasitas 40.000 penonton, Stadion Gelora Bandung Lautan Api sering digunakan untuk berbagai pertandingan berskala nasional, termasuk Liga 1 2022-2023 dan Piala Presiden 2022.

Kedua, ada Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Jawa Barat. Dalam bahasa Sunda, Si Jalak Harupat berarti ayam jantan yang kuat dan pemberani. Nama ini merupakan julukan Pahlawan Nasional Indonesia Otto Iskandar Dinata.

"Stadion ini dibangun pada Januari 2003 dan selesai April 2005 serta telah selesai direnovasi oleh Kementerian PUPR pada April 2023," katanya.

Adapun stadion ini juga pernah menjadi lokasi untuk Piala Dunia FIFA U-17 Indonesia 2023.

Ketiga, Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan. Stadion yang dikenal juga sebagai Stadion Jakabaring ini berkapasitas sekitar 23.000 penonton.

Stadion Gelora Sriwijaya mulai dibangun pada 2001 dan selesai di 2004. Dalam rangka persiapan penyelenggaraan FIFA World Cup U-17 2023, stadion ini selesai direnovasi oleh Kementerian PUPR pada Maret 2023.

Sebagai stadion dengan fasilitas yang lengkap, Stadion Gelora Sriwijaya telah menjadi tempat untuk acara besar, seperti PON 2004 dan Sea Games XXVI 2011.

Keempat, Stadion Manahan di Surakarta, Jawa Tengah. Stadion ini berkapasitas sekitar 20.000 penonton dan sering disebut sebagai Gelora Bung Karno versi mini.

Stadion ini telah mengalami dua kali renovasi dan saat ini menjadi markas bagi klub Persis Solo. Stadion Manahan juga pernah digunakan untuk Piala Dunia U-17 FIFA 2023.

Kelima atau terakhir ada Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta Pusat. Ini merupakan salah satu stadion terbesar di Indonesia yang dapat menampung sekitar 78.000 penonton. GBK menjadi tempat perhelatan berbagai acara internasional, seperti Asian Games 2018 hingga konser Coldplay.

"Hal ini tentunya menjadi kebanggaan Indonesia, apalagi para pecinta sepak bola," imbuhnya