Stadion Kanjuruhan Bakal Direnovasi Total, Ada Tujuh Rekomendasi Dasar yang Digunakan Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua dari kiri/depan) memimpin audit di Stadion Kanjuruhan Malang. (Foto: Dok Kemenpora)

Bagikan:

MALANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan renovasi ulang Stadion Kanjuruhan Malang. Renovasi akan dilakukan pada 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, ada tujuh rekomendasi dasar audit yang digunakan untuk merehabilitasi stadion kebanggaan warga Malang tersebut.

Rekomendasi ini, kata Basuki, merupakan arahan dan perintah dari Presiden Joko Widodo setelah memantau langsung Stadion Kanjuruhan Malang, beberapa waktu lalu.

Tujuh rekomendasi tersebut di antaranya renovasi tangga tribun, pintu stadion, pintu darurat, penerangan, fasilitas toilet, pagar pembatas, dan perimeternya.

"Hasil evaluasi tim ada tujuh rekomendasi. Tiga di antaranya berhubungan langsung dengan kejadian kecelakaan, yang secara keseluruhan tujuh rekomendasi itu yang kita gunakan untuk kriteria terkait tugas dari Bapak Presiden untuk merehap dan merenovasi total Stadion Kanjuruhan ini," kata Basuki usai meninjau Stadion Kanjuruhan, Kamis 13 Oktober.

Basuki mengatakan, proses audit Stadion Kanjuruhan tak hanya untuk mencari tahu faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan saat tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober lalu. Namun juga untuk mencari solusi agar kejadian tersebut tak terulang lagi.

Sebelumnya, dia menyebut, proses renovasi akan memakan waktu satu tahun. Pihaknya akan mendesain ulang Stadion Kanjuruhan yang akan memakai dana dari Anggaran Pendapatan Belanda Negara.