Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Stadion Harapan Bangsa di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Pembangunan ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara pada 8-20 September mendatang.

"Kementerian PUPR melakukan pembangunan/renovasi sejumlah venue, salah satunya Stadion Harapan Bangsa di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh," demikian bunyi keterangan yang dikutip dari Instagram resmi @kemenpupr, Jumat, 28 Juni.

Adapun hingga 24 Juni 2024, progres pembangunan/renovasi Stadion Harapan Bangsa telah mencapai 62,4 persen. "Dan ditargetkan selesai pada akhir Juli 2024," katanya.

Selain Stadion Harapan Bangsa, Kementerian PUPR juga tengah merenovasi sejumlah venue lain, seperti Stadion Haji Dimurtala Banda Aceh dan Lapangan Pacuan Kuda Aceh Tengah.

Rencananya, sebanyak 33 cabang olahraga PON XXI akan dipertandingkan di sejumlah venue yang tersebar di Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Tenggara dan Bener Meriah.

Nantinya, Stadion Harapan Bangsa mampu menampung 17.436 penonton. Rinciannya, kursi VIP sebanyak 3.735 orang, VVIP 1 ada 18 orang, VVIP 2 sebanyak 84 orang serta kursi media untuk 64 orang. Kemudian, kursi media dan meja untuk 48 orang, kursi reguler untuk menampung 13.417 orang dan difabel sebanyak 70 kursi.

"Seremoni pembukaan PON XXI akan dilaksanakan di Stadion Harapan Bangsa, Aceh," imbuhnya.