Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, memastikan seluruh persiapan upacara pembukaan dan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 berjalan sesuai dengan rencana.

Hal tersebut diungkapkan Menpora Dito usai melakukan gladi bersih akhir sebelum pembukaan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu, 8 September 2024, malam WIB.

"Kami melakukan gladi bersih final untuk memastikan kesiapan acara opening ceremony yang akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Persiapan berjalan lancar, semua sesuai target," ungkap Menpora Dito.

Stadion Harapan Bangsa, yang akan menjadi saksi dari perhelatan akbar ini, dipastikan telah siap menyambut ribuan atlet dan tamu undangan dari berbagai provinsi.

Menpora menegaskan bahwa hingga kini tidak ada kendala berarti dalam persiapan, baik dari segi teknis maupun logistik.

"Semua persiapan telah mencapai tahap final, bahkan beberapa pertandingan cabang olahraga sudah mulai dilaksanakan," tuturnya.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, juga menegaskan tak ada lagi kendala dan hambatan untuk menggelar acara pembukaan dan pertandingan.

"Kesiapan venue sudah 100 persen. Panitia pelaksana siap dan semua peralatan pertandingan sudah lengkap. Baik di Aceh maupun Sumatra Utara, kami optimistis pelaksanaan PON XXI akan berjalan sukses," kata Marciano.

PON XXI, yang digelar secara resmi pada 9-20 September 2024, akan melibatkan hampir 13.000 atlet dari seluruh Indonesia. Upacara pembukaan akan berlangsung pada Senin, 9 September 2024, malam WIB.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo sudah bertolak menuju Provinsi Aceh, pada Senin, 9 September 2024. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung, Kota Samarinda, sekitar pukul 08.00 WITA.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Besar, Presiden dan Ibu Iriana akan langsung menuju Gerbang Tol Baitussalam. Di sana, Presiden akan meresmikan sejumlah ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh.

"Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan menuju Stadion H. Dimurthala, Kota Banda Aceh, untuk meresmikan rehabilitasi, renovasi, dan pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Provinsi Aceh. Usai peresmian, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh, untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatannya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, dalam keterangan resmi.

Pada malam hari, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk menghadiri peresmian Pembukaan PON XXI Tahun 2024 yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh. Setelahnya, Presiden dan rombongan akan bertolak menuju Provinsi Sumatera Utara untuk kembali melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya.