Sandiaga Uno: Presiden Jokowi Perintahkan Kemenparekraf Siapkan Promosi Wisata Aceh-Sumut Jelang PON
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat memberikan keterangan pers, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (9/10/2023). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mempersiapkan promosi wisata di sekitar Aceh dan Sumatera Utara yang menjadi venue penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, arahan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas mengenai penyelenggaraan PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara yang berlangsung pada 8-20 September 2024.

"Bapak Presiden memberikan arahan termasuk dalam lingkup kami di Kemenparekraf adalah bagaimana menyiapkan promosi wisata di masing-masing provinsi dan sekitarnya untuk memastikan bahwa PON 2024 ini tentunya akan menghadirkan geliat ekonomi serta dampak terhadap peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja," kata Sandiaga Uno saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 9 Oktober. 

Sandiaga menjelaskan promosi wisata dapat dilakukan, terutama pada destinasi super prioritas, yakni Danau Toba serta destinasi "eco tourism" di Bukit Lawang, Sumatera Utara.

Untuk wisata di Aceh, Sandiaga mengatakan paket wisata akan dikemas sebagai wisata religi dan wisata untuk memperingati 20 tahun bencana alam tsunami yang melanda provinsi tersebut.

Menurut Sandi, kunjungan wisatawan di destinasi super prioritas bisa meningkat hingga 10-15 persen saat acara besar berlangsung.

Selain itu, pesta olahraga multicabang terbesar di Indonesia itu diharapkan mampu membuat pergerakan Nusantara.

Oleh karena itu, Kemenparekraf juga sudah mempersiapkan fasilitas dan akomodasi pariwisata, seperti homestay hingga hotel non bintang untuk menampung atlet, kontingen dan pendukung PON 2024.

"Ini akan kami siapkan sekaligus juga acara pembukaan dan penutupannya kita harapkan mampu menjadi kesuksesan bagi PON 2024," kata dia pula.

Adapun PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara akan menjadi PON pertama yang diselenggarakan di dua provinsi.

PON XXI 2024 Aceh-Sumut akan mempertandingkan 65 cabang olahraga, dengan 32 cabang olahraga digelar di Aceh dan 33 cabang olahraga dipertandingkan di Sumut.

Menurut informasi di laman resmi KONI, selain menjadi PON pertama yang diselenggarakan di dua provinsi, PON XXI juga akan menjadi yang perdana dengan peserta dari empat provinsi daerah otonom baru (DOB) di Papua, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.