Tuntutan Warga Bangkal Seruyan ke PT HMBP Berujung Bentrok, Polda Kalteng: Jangan Terprovokasi, Gubernur Sedang Mediasi
Gubernur Sugianto Sabran bersama Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor berbincang usai rapat membahas insiden bentrokan di areal PT HMBP menewaskan satu orang dan satu orang lainnya menderita luka serius, Minggu (8/10/2023). ANTARA/Norjani

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) Kombes Erlan Munaji mengimbau masyarakat provinsi itu khususnya di Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan menjaga kondusivitas daerah.

Saat ini pemerintah daerah tengah mencari solusi terbaik terkait tuntutan plasma kebun sawit terhadap PT Hamparan Masawit Bangun Persada (HMBP).

"Kami berharap masyarakat jangan sampai ada yang mudah terprovokasi ini sedang berlanjut mediasi oleh Bapak Gubernur yang diharapkan ada kesepakatan lebih lanjut berkaitan dengan tuntutan masyarakat untuk bisa tercapai dan bisa terpenuhi. Kami sedang berupaya. Jadi mohon bersabar," katanya di Sampit dilansir dari Antara, Senin, 9 Oktober.

Minggu siang hingga sore, digelar pertemuan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur membahas insiden bentrok sekelompok warga dengan aparat di areal perkebunan PT HMBP pada Sabtu kemarin.

Kabarnya satu orang tewas dan satu orang luka berat sehingga harus dirujuk ke Palangka Raya.

Pertemuan tertutup bagi insan pers itu dipimpin Gubernur Sugianto Sabran. Hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kalimantan, Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Penjabat Bupati Seruyan Djainuddin Noor dan lainnya.

Erlan menjelaskan, informasi yang mereka terima, saat ini di lokasi masih ada beberapa orang warga yang bertahan. Pihaknya mengimbau kepada warga untuk kembali ke tempat masing-masing dan jangan terprovokasi.

Dia meyakinkan bahwa persoalan dan permasalahan ini sedang ditangani seluruh pemangku kepentingan terkait.

"Nanti dihasilkan kesepakatan antara perusahaan dengan masyarakat dan diharapkan bisa segera terpenuhi sehingga situasi keamanan bisa menjadi aman dan terkendali," terangnya lagi. 

Ditambahkannya, untuk menjaga situasi, Polda Kalimantan Tengah sudah menyiapkan personel tambahan yang siap diperbantukan kapan saja, yakni dari Polres Katingan, Polres Kotawaringin Timur dan Polda Kalimantan Tengah.

Erlan kembali menegaskan bahwa situasi dan kondisi saat ini masih kondusif, aman dan terkendali. Dia tidak menampik informasi ada satu orang yang meninggal dan satu orang lainnya dirujuk ke Palangka Raya.

"Kami masih menunggu informasi dari dokter di RS Bhayangkara. Mudah-mudahan tidak begitu parah. Untuk korban (meninggal), saat ini sedang dilaksanakan autopsi nanti kita lihat hasilnya, meninggal karena apa," terang dia. 

Sementara itu Gubernur Sugianto Sabran belum mau memberi komentar banyak terkait masalah ini. Usai rapat, dia hanya menyatakan bahwa sudah ada hasil terkait masalah tersebut.

"Kami sudah ada keputusan, tapi saya mau ke Bangkal. Nanti kami sampaikan," ujar Sugianto singkat.

Masalah terkait tuntutan plasma kebun kelapa sawit oleh warga kepada PT HMBP, berujung bentrok pada Sabtu hingga dikabarkan membuat seorang warga meninggal dunia diduga akibat luka tembak, sedangkan satu orang lainnya dirujuk RS Bhayangkara di Kota Palangka Raya.