Bagikan:

JAKARTA - KAI Commuter mencatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 489.017 orang pada awal Juli ini.

Dengan jumlah penumpang ratusan ribu tersebut, sejumlah stasiun Commuter Line Jabodetabek terpantau relatif ramai dan kondusif.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, terpantau relatif ramai dan kondusif khususnya di stasiun-stasiun pemberangkatan dan stasiun tujuan pada pagi hari.

“Terutama di Stasiun Integrasi, Stasiun Cikarang, dan Stasiun Rangkasbitung, juga terpantau ramai kondusif,” katanya dalam keterangan resmi, Senin, 1 Juli.

Anne bilang, volume pengguna yang naik di stasiun pemberangkatan pagi hari seperti Stasiun Bogor tercatat sebanyak 43.163 orang.

Sedangkan di Stasiun Citayam sebanyak 27.340 orang dan di Stasiun Bekasi sebanyak 26.528 orang.

Sedangkan volume pengguna di stasiun kedatangan pada pagi hari seperti Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Sudirman yang berada di sekitar kawasan pusat bisnis dan perbelanjaan, masing-masing mencatat 44.161 orang dan 30.798 orang yang turun di stasiun tersebut.

“Sementara itu penumpang yang turun di Stasiun Palmerah dan Stasiun Gondangdia yang berada di kawasan perkantoran tercatat masing-masing sebanyak 21.653 orang dan 20.803 orang,” jelasnya.

Anne juga bilang patut digarisbawahi bahwa Stasiun Cikarang merupakan stasiun integrasi antar Commuter Line Jabodetabek, Commuter Line Walahar dan Kereta Api Jarak Jauh.

“Hingga siang ini pukul 14.00 WIB, tercatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek yang naik dari stasiun tersebut sebanyak 13.485 orang, dimana volume pengguna Commuter Line Walahar relasi Purwakarta/Cikampek-Cikarang di Stasiun Cikarang sejumlah 2.398 orang,” katanya.

Di Stasiun Cikarang sendiri, selama Juni 2024 kemarin tercatat rata-rata volume pengguna Commuter Line Jabodetabek yang naik pada hari kerja sebanyak 17.947 orang per hari dan pada hari libur dan akhir pekan sebanyak 15.996 orang per hari.

Sedangkan untuk volume pengguna Commuter Line Walahar/Jatiluhur yang turun di Stasiun Cikarang sebanyak 4.310 orang pada hari kerja dan sebanyak 4.343 orang pada hari libur dan akhir pekan.

“Stasiun Rangkasbitung yang mengintegrasikan Commuter Line Jabodetabek dengan Commuter Line Merak, hingga pukul 14.00 WIB ini tercatat sebanyak 10.498 orang orang yang menggunakan Commuter Line Jabodetabek dan volume pengguna Commuter Line Merak sebanyak 2.065 orang di stasiun tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Anne mengatakan di Stasiun Rangkasbitung, selama Juni 2024 ini tercatat rata-rata volume pengguna Commuter Line Jabodetabek yang naik pada hari kerja sebanyak 11.783 orang per hari dan pada hari libur dan akhir pekan sebanyak 10.405 orang per hari.

Sedangkan untuk volume pengguna Commuter Line Merak yang turun di Stasiun Rangkasbitung sebanyak 4.535 orang pada hari kerja dan sebanyak 4.313 orang pada hari libur dan akhir pekan.

“KAI Commuter juga terus mengimbau agar pengguna selalu ikuti arahan petugas dan tertib dalam berkomuter dengan mendahulukan pengguna yang akan keluar dari kereta. Selalu menjaga barang bawaan dan merencanakan perjalanannya dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info jadwal, kepadatan di stasiun dan posisi kereta secara real time,” tuturnya.