Bagikan:

SERANG - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) ketagihan menginap di Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Dia bilang, jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) pindah ke sana, dirinya pun akan ikut serta.

Adapun sebelumnya pria yang akrab disapa Zulhas turut serta mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu, 5 Juni.

Bersama dengan Jokowi dan para menteri lainnya, Zulhas menginap di rumah dinas menteri.

“Kalau Pak Presiden ke sana, ya saya ke sana juga lah, nginap juga,” tuturnya kepada wartawan di Serang, Banten, Kamis, 6 Juni.

Zulhas mengatakan, rumah dinas menteri di IKN terbilang bagus. Dia juga memuji lingkungan IKN yang masih asri, bahkan bebas dari polusi.

“Rumahnya bagus. Bisa buat lari, sehat udaranya. Masih alam, segar,” katanya.

Bahkan, ia memperkirakan, ketika pembangunan IKN rampung akan mirip seperti di Washington DC, Amerika Serikat.

“Belum jadi semua memang. Tapi kira-kira kalau jadi seperti Wangsinton DC. Bangga dong orang Indonesia,” ucapnya.

Terkait dengan pembangunan IKN, Zulhas bilang, pembangunan ibu kota negara baru memang dibutuhkan mengingat pulau Jawa sudah sangat sesak.

Apalagi, lanjutnya, tingkat polusi di Jakarta sudah mencapai 200, jauh dibanding Singapura yang hanya 36.

“Bayangkan Jakarta itu polusinya hampir 200, itu gimana ya 200 itu, ini jadi kalau lari langsung ISPA. Singapura 36, kita kan 200 lebih. Jawa, 60 persen di Jawa. Ini kalau kapal sesak ya kan. Singapura 36 ukuran polusi, sini (Jakarta) 200. Apalagi nanti Bekasi tambah lagi kan. Jadi ini memang perlu,” tuturnya.