Bagikan:

SERANG - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan terkagum-kagum dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dia bilang IKN akan menjadi ibu kota yang sangat keren.

Adapun sebelumnya pria yang akrab disapa Zulhas ini turut serta mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu, 5 Juni lalu.

“Waw IKN itu masyaAllah keren banget,” katanya kepada wartawan, di Serang, Banten, Kamis, 5 Juni.

Zulhas juga memuji lingkungan IKN yang masih asri, bahkan bebas dari polusi. Dia bilang, pembangunan ibu kota negara baru memang dibutuhkan mengingat pulau Jawa sudah sangat sesak.

Apalagi, sambung Zulhas, tingkat polusi di Jakarta sudah mencapai 200, jauh dibanding Singapura yang hanya di angka 36.

“Bayangkan Jakarta itu polusinya hampir 200, itu gimana ya 200 itu, ini jadi kalau lari langsung ispa. Singapur 36, kita kan 200 lebih. Jawa, 60 persen di Jawa. Ini kalau kapal sesak ya kan. Singapur 36 ukuran polusi, sini (Jakarta) 200. Apalagi nanti Bekasi tambah lagi kan. Jadi ini memang perlu,” tuturnya.

Ketua Umum PAN ini pun mengibaratkan pembangunan IKN seperti kereta cepat Whoosh. Dia bilang saat Whoosh dibangun pun banjir kritik, namun ketika sudah mencoba tranporasi tersebut banyak yang memuji dan tidak lagi mengkritik.

“Jadi gini loh kalau ada orang yang tidak setuju dengan IKN, datang dulu, datang dulu bermalam, lihat, rasakan, dipikirkan, baru, jangan enggak pernah lihat, enggak pernah datang, enggak pernah merasakan terus marah-marah, maki-maki. Lihat dulu seperti Whoosh kereta cepat, Whoosh, Whoosh, marah terus, begitu naik Whoosh enggak marah lagi kan. Nanti ibu kota begitu,” jelasnya.

Sekadar informasi, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mendampingi Presiden Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu, 5 Juni kemarin.

Menurut Zulhas, groundbreaking tersebut merupakan ikhtiar berkelanjutan pemerintah untuk mempercepat pembangunan di IKN.

Beberapa perusahaan yang melakukan groundbreaking antara lain kantor PT Bank Tabungan Negara, Nusantara Sustainability Hub, Bina Bangsa School Nusantara, PT Arena Graha Andalan, dan PLN HUB.