Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyampaikan ucapan selamat kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono atas terpilihnya sebagai Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 3 Juni 2024 lalu.

"Kami juga mengucapkan selamat kepada Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) atas tugas barunya sebagai Plt Kepala OIKN. Semoga selalu amanah dan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," ujar Lasarus saat Komisi V DPR RI Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri PUPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis, 6 Juni.

Lasarus bahkan mengajak seluruh pimpinan dan anggota Komisi V DPR RI yang hadir dalam rapat tersebut untuk memberikan tepuk tangan kepada Menteri Basuki.

"Kami kasih aplaus buat pak menteri. Saya tahu tugas ini tidak mudah, tapi semakin mudah ketika langsung di bawah pak menteri. Toh semua juga anggarannya di sini pak (Komisi V DPR)," katanya.

Lantas, Menteri Basuki pun menanggapi ucapan Lasarus Tersebut. "Makasih atas perhatiannya. Mohon dukungannya atas penunjukkan kami sebagai Plt (Kepala OIKN) pak. Plt saja," tuturnya.

Menurut Basuki, dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menetapkan Kepala OIKN yang baru. "Insyaallah akan cepat terpilih yang definitif," imbuhnya.

Sebelumnya, Bambang Susantono memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Kepala OIKN. Adapun Bambang dilantik sebagai Kepala OIKN pada 22 Maret 2022. Bambang memimpin IKN didampingi oleh wakilnya, Dhony Rahajoe.

Surat pengunduran diri keduanya telah diterima oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Presiden (Jokowi) juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan juga Bapak Doni Rahayu sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 3 Juni.

Sementara itu, Jokowi telah menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menjadi Plt Wakil Kepala Otorita IKN.