Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono memastikan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe bakal hadir saat pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 di IKN.

Hal tersebut dia sampaikan usai menghadiri Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI pada Kamis, 6 Juni.

"Kemarin (Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe) sudah diundang," ujarnya.

Basuki menilai, keduanya pasti hadir saat pelaksanaan upacara di IKN. Sebab, dia mengaku telah menanyakan hal tersebut kepada pihak Kementerian Sekretariat Negara dan jawabannya terkonfirmasi.

"Saya enggak tahu gimana. Tapi, saya tanya Pak Yusuf protokol Pak Sekjen Kementerian Sekretariat Negara diundang," ucapnya.

"Ora ono opo-opo," kelakar Basuki.

Sebelumnya, Bambang Susantono memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Kepala OIKN. Adapun Bambang dilantik sebagai Kepala OIKN pada 22 Maret 2022. Bambang memimpin IKN didampingi oleh wakilnya, Dhony Rahajoe.

Surat pengunduran diri keduanya telah diterima oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Presiden (Jokowi) juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan juga Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 3 Juni.

Sementara itu, Jokowi telah menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menjadi Plt Wakil Kepala Otorita IKN.