Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono buka suara setelah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak Senin, 3 Juni 2024.

Basuki memastikan bakal melaksanakan seluruh program yang menjadi tanggung jawab di OIKN. Termasuk masalah pembebasan lahan yang masih ada.

"Saya kira, saya sebagai Plt, saya pasti akan melaksanakan program. Jadi, mempercepat pelaksanaan programnya saja yang sudah dibuat oleh Otorita IKN sampai saat ini. Jadi, tidak akan berubah," ujar dia saat ditemui di Kompleks DPR RI, Jakarta, Kamis, 6 Juni.

Basuki mengaku tidak ada beban yang berarti saat ditunjuk menjadi pimpinan di otorita itu sendiri.

Pasalnya, ia bekerja sesuai dengan visi Presiden Jokowi.

"Saya, kan, enggak punya visi. Visi saya melakukan visi presiden sebagai pembantu bapak presiden. Jadi, selama apa yang saya lakukan, pasti saya tidak punya agenda sendiri," katanya.

Saat ditanyai lebih lanjut soal pemilihan Kepala OIKN yang definitif, Basuki belum bisa memberikan informasi lebih lanjut.

Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah mempercepat pelaksanaan program-program yang telah direncanakan oleh pimpinan otorita sebelumnya.

"Jangan tanya saya. Karena saya kira, saya seperti yang bapak presiden bilang, bisa beliau bisa Pak Prabowo. Yang penting (saya) ini mempercepat dulu program-programnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Bambang Susantono memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Kepala OIKN.

Adapun Bambang dilantik sebagai Kepala OIKN pada 22 Maret 2022.

Bambang memimpin IKN didampingi wakilnya Dhony Rahajoe.

Surat pengunduran diri keduanya telah diterima oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Presiden (Jokowi) juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan juga Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 3 Juni.

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menjadi Plt Wakil Kepala Otorita IKN.